Pengertian dan Aturan Organisasi Umum


Dewasa ini, organisasi adalah sebuah media yang efektif untuk mencapai suatu tujuan. Hampir semua orang terlibat dalam sebuah organisasi dan memiliki aturan organisasi umum. Lalu, apa sebenarnya pengertian organisasi ini sebenarnya?

Secara umum organisasi adalah sebuah media atau wadah yang didirikan oleh orang-orang yang memiliki tujuan yang sama dan bekerja sama secara terstruktur, terkendali, terpimpin, dan terencana agar lebih mudah mencapai suatu tujuan yang telah ditetapkan. Organisasi juga memanfaatkan berbagai sumber daya seperti materi, mesin, metode, lingkungan, serta kebutuhan lain untuk mencapai tujuan organisasi.

Menurut Stoner, organisasi ini memiliki pengertian berupa suatu pola atau hubungan beberapa orang yang diarahkan oleh atasan untuk mencapai tujuan bersama. Sedangkan menurut pendapat Chester I. Bernard, organisasi memiliki pengertian yakni suatu sistem aktifitas kerja sama yang dilakukan oleh dua orang atau lebih untuk mencapai tujuan yang telah ditetapkan bersama.

Aturan Organisasi

Aturan organisasi umum di Indonesia sebenarnya tidak begitu jelas karena itu bergantung pada tujuan organisasi tersebut. Aturan organisasi secara umum biasanya tidak berbau komunis, karena organisasi yang berbau komunis ini dilarang di Indonesia.

Tujuan organisasi tidak boleh bertentangan dengan undang-undang atau aturan yang berlaku di Indonesia. Selain itu, organisasi sebaiknya memiliki struktur yang jelas dan telah memiliki AD/ART (Anggaran Dasar/Anggaran Rumah Tangga) yang mencakup aturan-aturan umum yang berlaku di dalam organisasi itu sendiri.

AD/ART dalam organisasi ini sebaiknya dirancang ketika awal berdirinya sebuah organisasi karena AD/ART dalam sebuah organisasi ini berisi aturan umum atau semacam undang-undang yang harus dipatuhi oleh anggota organisasi. Selain AD/ART, setiap organisasi biasanya memiliki budaya atau kebiasaan yang terbentuk seiring berjalannya waktu.

Struktur organisasi berbeda-beda antara satu dengan lainnya, tetapi secara umum, sebuah organisasi dipimpin oleh seorang pemimpin atau ketua yang berperan mengarahkan organisasi untuk mencapai tujuan yang telah ditetapkan sesuai aturan organisasi umum.

Posisi tertinggi dalam sebuah organisasi biasanya adalah seorang ketua dan dibantu oleh wakil ketua. Selain itu juga terdapat sekretaris yang bertugas untuk mencatat arsip atau laporan-laporan rapot.

Bendahara bertugas untuk mengelola dan bertanggung jawab pada sumber daya keuangan organisasi, seperti uang kas misalnya. Jika sebuah organisasi sudah cukup besar, biasanya terdapat kepala seksi atau kepala divisi yang dibantu dengan staf yang sering disebut dengan satgas.

Selanjutnya : Info Penting dari Makalah Seni Kerajinan Keramik
Sebelumnya: Cara Menyusun Makalah Pelanggaran Hukum di Indonesia
 

Artikel Menarik Lainnya

Komentar