Menelusuri Awal Mula Telepon


Bagaimana awal mula telepon digunakan? Telepon adalah sebuah alat komunikasi yang memungkinkan pesan suara jarak jauh tersampaikan melalui sebuah perangkat khusus dalam waktu yang sangat cepat. Sehingga, penerima dan pengirim pesan bisa berkirim dan menerima pesan suara secara langsung seperti percakapan biasa.

Sejarah Telepon

Telepon memiliki sejarah yang sangat panjang dan terus berkembang hingga sekarang. Pada tulisan ini kita akan mencoba melihat sejarah telepon secara ringkas.

1871

Sound Telegraph, yaitu suatu alat yang memungkin terjadinya komunikasi suara jarak jauh dengan menggunakan perantara kabel ditemukan dan dipatenkan oleh Antonio Meucci.

1875

The Bell, sebuah perusahaan  telekomunikasi mendapatkan hak paten transmitters and receivers for electric telegraphs.

1876

Perusahaan Bell kembali mematenkan sebuah sistemtransmisi suara yang disebut Improvement in Telegraphy.

1877

The Charles Williams Shop menjadidepartemenrisetdan pengembangan dari perusahaan telekomunikasi Bell sekaligus menjadi tempat dimana teleponpertama diproduksi. Pada tahunyang sama Perusahaan Bell juga mematenkan telepn electro-magnetic,yaitu sebuah alat telekomunikasi suara yang menggunakan diafragma besi, magnet permanen dan dering panggilan.

1878

Perusahaan Bell diketahui teleh memiliki 10.000 telepon yang bisa digunakan

1891

Untuk pertama kalinya telepon dengan nomor dial digunakan. Melalui teknologi ini, memungkinkan telepon bekerja otomatis menghubungkan penelepon ke operator dengan cara menekan nomor dial sesuai dengan instruksi

1915

Pada tahun ini untuk pertama kalinya telepon dengan sistem wireless diluncurkan. Teknologi ini memungkinkan terjadinya komunikasi telepon lintas negara.

1940

Telepon mobile mulai dikembangkan secara komersial

1959

Untuk pertama kalinya telepon princes diperkenalkan

1963

Peluncuran telepon dengan tombol bersuara.

1971

Sistem telekomunikasi mulai dikembangkansecara komersial. Hak monopoli Perusahaan Bell dicabut dan saluran telepon sudah digunakan oleh jutaan masyarakat.

1983

Untuk pertama kalinya Judge Harold Greene sukses mengungguli Perusahaan Bell.

1899

The American Telephone and Telegraph Company (AT&T) mendapatkan hak paten sekaligus asset dari perusahaan American Bell. Perusahaan ini bertugas untuk membangun serta mengoperasikan teknologi jaingan telepon jarak jauh.

1913

Untuk pertamakalinya AT&T mempraktekkan amplifirers elektric, yaitu sebuah sistem yang memungkinkan terjadinya hubungan telepon antar benua.

1969

Jumlah pengguna telepon di Amerika meningkat pesat. Hampir 90% dari penduduknya sudah menggunakan teknologi ini.

Demikian perkembangan awal sejarah telepon. Hingga hari ini teknologi telepon terus mengalami perkembangan. Bahkan beberapa teknologi turunannya pun ikut dikembangkan.

Selanjutnya : Dampak dan Pengaruh Internet
Sebelumnya: Belajar Tentang Sifat Sabar
 

Artikel Menarik Lainnya

Komentar