Awal Mula Terbentuknya Agama Hindu

Sebenarnya, awal mula terbentuknya agama Hindu tidak diketahui pasti, tetapi diduga sejak masa prasejarah. Nama Hindu sendiri berasal dari paham Hinduisme, sebuah tradisi religi yang tertua di dunia.

Kata Hindu berasal dari kata Sindhu dalam bahasa Sanskerta. Sejarah Hinduisme diketahui berawal dari peradaban lembah sungai Indus.

Loading...

Kata Hinduisme merupakan arti dari sungai Indus, berupa Sindhu, yang oleh bangsa Persia kuno dilafalkan dengan kata Hindu. Selanjutnya kata Hindu ini digunakan untuk menyebut seluruh bangsa turunan India pada umumnya. Namun, saat ini kata tersebut ditujukan untuk para pengikut Hinduisme.

Agama Hindu merupakan agama yang berasal dari anak benua di India. Agama ini lanjutan dari ajaran agama Weda atau Brahmanisme. Agama Weda adalah kepercayaan bangsa Indo-Iran atau disebut dengan bangsa Arya.

Agama Hindu diperkirakan oleh banyak ilmuwan dan ahli sejarah muncul sekitar tahun 3102-1300 SM. Rentang waktu yang begitu lama menjadikan agama Hindu cukup banyak pemeluknya, bahkan agama Hindu menempati urutan pemeluk agama terbanyak ketiga di dunia setelah Islam dan Kristen. Saat ini jumlah pemeluk agama Hindu sudah mencapai kurang lebih 1 milyar jiwa.

Agama Hindu muncul dari sisa-sisa runtuhan ajaran-ajaran Weda. Ajaran Weda mengambil pokok pikiran dan bentuk rupa dari India purbakala serta dari kisah dongeng yang sifatnya rohaniah dan tumbuh di semenanjung India sebelum datangnya bangsa Arya.

Mengingat agama Hindu muncul dari sisa reruntuhan ajaran Weda inilah yang membuat para peneliti berpandangan jika agama ini merupakan lanjutan dari ajaran Weda.

Agama Hindu kemudian berevolusi dan tidak lagi sama persis dengan ajaran awalnya. Agama ini terdiri dari sekumpulan adat-istiadat serta kedudukan yang muncul dari hasil penyusunan yang dilakukan oleh bangsa Arya terhadap kehidupan mereka.

Evolusi tersebut terjadi dari satu generasi ke generasi berikutnya dan membentuk masyarakat setelah menundukkan penduduk asli India.

Pemeluk agama Hindu sebagian besar ada di benua India, bahkan di sana sebanyak 90%-nya memeluk agama Hindu. Agama ini juga menyebar ke Indonesia sampai pada abad ke-15, atau pada saat runtuhnya kerajaan Majapahit.

Demikianlah ulasan ringkas mengenai awal mula terbentuknya agama Hindu di dunia sampai bisa tersebar ke Indonesia pada abad ke-15. Semoga bermanfaat.

Loading...
Selanjutnya : Kata Pesan Hidup Mario Teguh
Sebelumnya: Edit Foto dengan Photoshop Menjadi Bagus
 

Artikel Menarik Lainnya

Komentar