Sejarah Awal Munculnya Teori Akuntansi

Sejarah awal munculnya teori akuntansi sangat penting untuk dipelajari. Pelajaran akuntansi merupakan salah satu mata pelajaran yang berhubungan dengan catatan dan pembukuan suatu pembayaran. Bagi Anda yang sangat tertarik untuk mempelajari sejarah awal teori akuntansi, berikut ini akan dijelaskan lebih terperinci lagi.

Definisi dari Teori Akuntansi

Teori akuntansi memiliki pengertian yaitu suatu penalaran logis yang dimanfaatkan untuk memberikan acuan umum seperti memberikan arahan,  melakukan praktikum dan menilai  praktik dalam bentuk seperangkat prinsip luas.  Dengan demikian, teori akuntansi akan memiliki beberapa tujuan yaitu bertujuan untuk mengembangkan praktik akuntansi, dan bertujuan untuk memberikan bentuk kerangka sebagai acuan umum dalam penilaian, yang dilakukan oleh seperangkat prinsip logis di dalam teori akuntansi.

Teori akuntasi digunakan untuk dapat memprediksi apa yang akan terjadi di masa depan, digunakan sebagai pengukur resiko, dan digunakan untuk melakukan pertimbangan.

Sejarah Akuntansi

Ilmu akuntansi merupakan salah satu ilmu penting dalam memberikan manfaat. Sejarah akuntansi ternyata sangat panjang. Pada zaman dulu, sebelum manusia mengenal uang ternyata manusia sudah mengetahui bagaimana cara membuat catatan dengan berhitung.  Dengan demikian, dari pernyataan tersebut menjelaskan bahwa dari sinilah penggunaan dari teori akuntansi yang sudah digunakan oleh manusia pada zaman dulu. Bahan yang digunakan sebagai catatan yaitu seperti daun, kulit kayu, kayu, dan batu.

Setelah manusia mengenal uang, kemudian manusia menggunakan lempengan tanah liat lalu berkembang menjadi lontar sebagai pencatatan. Pencatatan tersebut digunakan untuk mencatat hutang piutang, digunakan untuk mencatat uang yang sudah masuk dan keluar. Pencatatan yang telah ditulis menggunakan lontar merupakan catatan yang paling tua yaitu pada tahun 3600 SM dan berasal dari Babilonia. Catatan tua tersebut merupakan catatan yang berasal dari Mesir negara Arab.

Selanjutnya di negara Yunani kuno dan Mesir telah ditemukan sejarah yang menjelaskan bahwa bangsa Romawi saat itu menggunakan angka desimal atau angka Arab yang sudah dikenal oleh bangsa Mesir, karena waktu itu bangsa Romawi mengalami kesulitan untuk menggunakan angkanya.

Dengan demikian awal munculnya teori akuntansi sudah ditemukan sangat lama dan sudah sejak dari dulu. Kemudian perkembangan teori akuntansi semakin lama semakin pesat. Hal ini disebabkan karena waktu itu pedagang Venezia membutuhkan sistem pencatat. Sistem pencatat digunakan oleh pedagang Venezia untuk melakukan perluasan perdagangan.

Hingga pada akhirnya pedagang Venezia telah berhasil membuat sistem pembukuan berpasangan. Pencatatan pembukuan berpasangan tersebut terdiri atas aspek debit dan aspek kredit. Tahun 1494,  pada abad ke-15 di negara Italia telah berkembang akuntansi yang angkanya  Arab. Hingga telah diterbitkan buku akuntansi oleh ahli matematika yaitu Lucas Pacioli orang berkebangsaan Italia.

Demikian informasi yang berkaitan dengan awal munculnya teori akuntansi. Semoga informasi ini memberikan wacana baru untuk Anda dalam mengetahui ilmu akuntansi pada zaman dulu.

Loading...
Selanjutnya : Kelebihan Menggunakan Alat Transportasi Udara
Sebelumnya: Kelebihan Pemanas Air Gas Dibandingkan Pemanas Lain
 

Artikel Menarik Lainnya

Komentar