Langkah Awalan Membuat Cerpen


Awalan membuat cerpen pastinya membutuhkan suatu cara. Pada prinsipnya, untuk semua orang mempunyai kekuatan atau kemampuan untuk menulis. Tetapi tingkat kemampuan atau kekuatan menulis seseorang tersebut amat bergantung pada bakat, kemauan, dan ketertarikan yang selalu hadir dalam pikiran untuk belajar serta mengembangkan kemampuan karyanya.

Begitu pun dengan menulis sebuah cerpen. Ini adalah suatu karya sastra yang dapat disebut cukup gampang serta dapat dikerjakan oleh semua orang yang berminat membuatnya. Anda ingin menulis cerpen? ikuti saja langkah-langkah cara menulis cerpen di bawah ini:

1. Tetapkan tema

Cerpen harus mempunyai suatu tema. Dari tema tersebut dapat dikembangkan jadi pokok pikiran, judul, alur cerita serta lain-lain.

2. Tentukan judul yang menarik

Judul mempunyai peran mutlak saat menarik ketertarikan seseorang untuk membaca cerpen kita. Oleh karena itu, tentukanlah judul yang menarik serta sudah pasti terkait dengan isi dari cerpen kita.

3. Tetapkan pokok pikiran

Buatlah pokok pikiran di dalam tiap-tiap paragraf. Dari pokok pikiran yang sudah ditentukan tersebut, kita dapat mengembangkan isi dari cerpen hingga tidak melenceng dari tema cerpen yang kita catat.

4. Tetapkan alur cerita

Penentuan alur cerita terkait dengan tema serta pokok pikiran. Cerpen yang baik yaitu cerpen yang mempunyai alur cerita yang runtut dengan meletakkan inti cerita dibagian awal, sedang, maupun akhir.

5. Penentuan tokoh serta watak

Tokoh serta watak dari tiap-tiap tokoh mesti cocok dengan isi dari cerita. Tetapkan tokoh utama, tokoh pembantu serta sebagian tokoh figuran yang lain untuk meramaikan isi cerita di cerpen kita.

6. Pemakaian tata bahasa

Saat menulis cerpen, kita mesti memakai tata bahasa yang baik serta benar hingga isi dari cerpen kita gampang dicerna serta dipahami oleh beberapa pembaca.

7. Sharing pendapat dari orang lain

Sesudah cerpen kita selesai, maka alangkah baiknya kita minta pendapat orang lain yang kita anggap lebih tahu serta memiliki pengalaman dan tidak sungkan untuk berikan masukan pada cerpen kita. Mintalah pendapat pada 2-3 orang yang kita anggap mengerti perihal cerpen.

Apabila Anda telah menerapkan tujuh langkah awalan membuat cerpen di atas, pasti cerpen Anda akan bagus. Harus ingat bahwa cerpen yang baik tergantung dari isi cerpen tersebut.

Selanjutnya : Arti dan Nama Bayi Perempuan
Sebelumnya: Peristiwa Penting Kerajaan Cirebon yang Bersejarah
 

Artikel Menarik Lainnya

Komentar