Resto Masakan Ayam Taliwang di Jogja


Apakah Anda pernah mendengar masakan Ayam Taliwang? Ya, kuliner yang satu ini agak jarang terdengar dalam diskusi-diskusi tentang khasanah masakan dalam negeri. Namun, jika menyebut bahan dasar dari masakan ini, yaitu ayam kampung, Anda tentu sudah bisa menerka-nerka bahwa kuliner yang satu ini sebenarnya secara umum sama dengan resep masakan Indonesia lainnya. Akan tetapi, yang mebedakan Ayam Taliwang dengan resep masakan ayam kampung lainnya adalah rasa bumbunya yang pedas dan khas. Saat ini, kuliner yang satu ini tersedia di beberapa kota di Indonesia, seperti Ayam Taliwang di Jogja.

Rumah Makan Ayam Taliwang di Yogyakarta

Di Jogja sendiri, ada beberapa pilihan tempat yang bisa Anda datangi, jika Anda tertarik mencoba masakan yang satu ini. Contohnya, di Tamantirto, Kasihan kota Yogyakarta. Rumah makan yang diberi nama Rumah Makan Ayam Taliwang, menyediakan menu Ayam Taliwang yang tak kalah lezatnya dengan menu yang disajikan di tempat asal masakan ini diciptakan.

Dalam sejarahnya pula, menu masakan Ayam Taliwang ini berasal dari daerah Lombok, provinsi Nusa Tenggara Barat. Adalah Haji Murad, tokoh sentral yang disebut-sebut menemukan kombinai bumbu-bumbu pedas, yang menjadi ciri khas sambal masakan ini. Haji Murad dan istrinya Kampung Karang Taliwang, sebuah kampung yang terletak di kelurahan Cakra Utara, Kecamatan Cakranegara, Kota Mataram, Nusa Tenggara Barat. Jadi mungkin saja, nama masakan Ayam Taliwang diambil dari kampung tempat masakan ini ditemukan oleh Haji Murad dan istrinya tersebut.

Dalam membuat bumbu pedas Ayam Taliwang, cabai merah keriting merupakan jenis bumbu dasar yang paling tepat digunakan. Namun, bisa dikombinsaikan dengan cabe hijau agar rasa pedasnya makin terasa.

Restoran Ayam Taliwan lainnya yang terdapat di Kota Jogja, terdapat di alamat Jalan Damai (Mudal), Gang Watu Gede, Nomor 9, kota Jogja. Jika Anda tidak punya waktu untuk berkunjung langsung ke resto yang satu ini, Anda bisa memesannya di +62274 – 4463806 atau di 08562596462.

Demikianlah sedikit penjelasan mengenai masakan Ayam Taliwang di Jogja dan restoran yang bisa Anda kunjung, jika ingin merasakan sensasi pedas dari bumbunya yang dijamin akan membuat Anda ketagihan. Selamat mencoba.

Selanjutnya : Dampak Positif dan Negatif Perkembangan Komputer bagi Pelajar
Sebelumnya: Tips Menjadi Agen Barang Kelontong
 

Artikel Menarik Lainnya

Komentar