Ayat Al Quran dan Hadis yang Berhubungan dengan Ilmu dan Berilmu


Mencari ilmu memanglah bisa di mana saja. Mencari ilmu tidak hanya harus duduk di bangku sekolah. Sebaiknya ilmu juga harus bisa diamalkan untuk sendiri atau orang lain. Manfaat mencari dan mengamalkan ilmu memang banyak sekali.

Karena di dunia yang hanya sementara ini kita akan mengetahui berbagai hal dengan adanya sebuah ilmu itu. Beberapa ayat Al Quran dan Hadis yang berhubungan dengan ilmu dan berilmu banyak sekali dan bisa kita terapkan dalam kehidupan sehari-hari.

Salah satu ayat Al Quran yang berhubungan ilmu dan berilmu berada pada surat Ali Imran ayat 7. Surat Ali Imran ayat 7 ini berbunyi sebangai berikut.

Ayat Al Quran dan Hadis yang Berhubungan dengan Ilmu dan Berilmu1

Surat Ali Imran ayat 7 ini mempunyai terjemahan sebagai berikut.

Ayat Al Quran dan Hadis yang Berhubungan dengan Ilmu dan Berilmu2

Ayat 7 dalam Surat Ali Imran ini bermakna tentang Al Quran yang merupakan sebuah kitab yang harus pelajari ilmunya karena semua isi Al Quran berasal dari Allah SWT.

Mempelajari ilmu Al Quran sangat berguna dalam hidup karena AL Quran adalah pedoman yang membuat sebuah agama bisa kokoh dan Al Quran pula bisa membuat kita sebagai hamba Allah tahu segala hal yang harusnya benar dan harusnya salah dan dilarang.

Selain ayat Al Quran yang berhubungan dengan ilmu ini, beberapa hadis di bawah ini juga mengatakan bahwa menuntut ilmu itu haruslah terus menerus. Beberapa hadis itu berbunyi sebagai berikut.

Ayat Al Quran dan Hadis yang Berhubungan dengan Ilmu dan Berilmu3

Mencari ilmu yang harus terus menerus menurut hadis di atas ternyata bisa diamalkan dan dicari sampai kita menutup usia. Bagaimanapun itu, janganlah bosan untuk tetap mencari ilmu. Pada usia tua pun, banyak sekali ilmu yang bisa kita dapatkan dan apapun ilmu yang sudah didapat hendaknya diamalkan dengan benar.

Hadis riwayat Muslim juga menjelaskan bahwa mencari ilmu itu bisa memudahkan jalan ke surga. Selain mencari ilmu bisa menambah sebuah pengetahuan, jika kita mencari ilmu  dengan cara yang benar dan selalu bersyukur atas ilmu yang sudah didapat, insya Allah niscaya Allah bisa memasukkan kita ke surga.

Jangan pernah mengamalkan sebuah ilmu dengan cara yang salah karena Allah Maha Melihat dan Mengetahui. Demikian sedikit uraian mengenai ayat Al Quran dan Hadis yang berhubungan dengan ilmu dan Berilmu. Semoga bermanfaaat.

Selanjutnya : Pembagian Iklim Menurut Koppen
Sebelumnya: Makanan yang Bentuknya Mirip Organ Tubuh Manusia
 

Artikel Menarik Lainnya

Komentar