Lima Ayat Al-Quran Tentang Semangat untuk Kita

Ada lima ayat al-quran tentang semangat untuk kita. Islam memerhatikan kehidupan hingga titik terkecil. Oleh sebab itulah Islam dikatakan agama yang sempurna. Berikut kami sajikan ayat-ayat al quran yang memberikan semangat tentang kehidupan untuk kita.

Ayat Quran dan Maknanya

semangat 1Pada ayat tersebut memberi semangat pada kita untuk terus sabat dan melaksanakan salat sebagai tiang agama. Terkadang dalam kehidupan kita menemui suatu momen yang membuat kita cepat marah atau sulit mengontrol emosi. Allah mengingatkan kita dengan ayat-Nya bahwa Dia bersama orang-orang yang sabar. Karena memang sesungguhnya orang yang paling hebat adalah orang yang mampu mengalahkan amarah dalam dirinya sendiri.

semangat 2

Ayat tersebut memberi semangat pada kita untuk terus memperbaiki sikap dan sifat agar kelak surga menjadi imbalan yang setimpal. Dalam ajaran Islam taubat ada dua macam, yakni taubat wajib dan taubat sunnah. Pengertian taubat tersebut ditujukan bukan hanya untuk orang-orang yang melakukan dosa besar, namun sikap yang tidak kita sadari yang menyebabkan hilangnya iman juga diwajibkan untuk bertaubat.

Misalnya saat kita putus asa karena penyakit yang kita derita tidak kunjung sembuh sehingga terlintas dalam benak kita bahwa kematian adalah jalan terbaik. Pikiran tersebut adalah salah satu bentuk putus asa yang tidak disukai Allah. Untuk itulah saat kita menyadari hal tersebut maka taubat merupakan semangat bagi kita agar tetap berusaha dan percaya pada kuasa Allah.

semangat 3

 

semangat 4

semangat 5

Tiga ayat tersebut memberikan semangat pada kita untuk terus berusaha ketika dihadapkan dengan kesulitan. Bagi orang yang pertama kali mengalami kegagalan pasti merasa bahwa gagal adalah hal menakutkan.

Pikiran seperti itu harusnya dihapus agar kita tetap semangat untuk bangkit dari kegagalan. Ayat tersebut juga menegaskan bahwa kesulitan yang dihadapi seseorang tidaklah melebihi batas kemampuan orang tersebut.

Usaha yang kita lakukan adalah bentuk upaya untuk mengubah keadaan dan Allah suka dengan orang-orang yang bersemangat memperbaiki kehidupan. Allah Maha Mengetahui, oleh sebab itu yakinlah bahwa kesulitan yang diberikan sesuai dengan kemampuan kita sehingga Allah percaya kita mampu melampaui kesulitan itu. Itulah enam ayat al-quran tentang semangat.

Tips Membangkitkan Semangat Diri Sendiri

Manusia adalah makhluk sosial, oleh sebab itu dia membutuhkan orang lain dalam kehidupan sehari-hari. Namun manusia juga merupakan makhluk pribadi yang menginginkan adanya kenyamanan menjaga privasi masing-masing. Saat kita terpuruk dalam kesedihan atau kegagalan, saat tidak ada orang yang peduli pada keadaan kita, saat itulah kita merasa lemah dan tidak berdaya.

Ada beberapa tips untuk kembali membangkitkan semangat itu. Berikut kami berikan tips untuk Anda membangkitkan semangat.

–  Dengarkan musik berirama riang dengan lirik yang menggugah semangat.

–  Buka kembali album Anda bersama orang-orang terdekat, pikirkan apa yang akan mereka lakukan jika menjadi Anda.

–  Menggambar dalam pikiran tentang hasil akhir yang menyenangkan dan memuaskan.

–  Tuliskan tiga harapan terdekat dan yang paling Anda inginkan dalam waktu dekat.

–  Duduk tenang dan santaikan pikiran Anda. Lupakan masalah yang sedang terjadi untuk sementara waktu, biarkan otak Anda istirahat dan segar kembali.

–   Mengkonsumsi cokelat batangan atau seduhan dan nikmati dengan santai

Demikian artikel mengenai enam ayat al-quran tentang semangat dan beberapa tips yang dapat Anda coba ketika putus asa. Semoga bermanfaat.

Selanjutnya : Enzim yang Dihasilkan Usus Halus Beserta Fungsinya
Sebelumnya: Ciri-ciri Keluarga Harmonis
 

Artikel Menarik Lainnya

Komentar

Loading...