Ayat Al Quran tentang Silaturahmi


Paling sedikit ada 19 ayat Al Quran tentang silaturahmi. Salah satunya adalah  Surat Ar-Ra’du ayat 21. Dalam surat tafsir ayat ini dijelaskan bahwa menjalin hubungan silaturahmi merupakan salah satu hal yang sangat penting.

Bersilaturahmi itu menjadi penghubung dari banyaknya ragam suku bangsa dan negara. Allah Swt telah menciptakan manusia mempunyai banyak golongan. Hikmah dari banyaknya golongan adalah agar masing-masing ras dan suku saling berhubungan dan menjalin silaturahmi atas dasar cinta kepada Allah Swt.

Hadist Tentang Silturahmi

Perintah silaturahmi bukan hanya bersandarkan ayat Al Quran tentang silaturahmi, melainkan ada pula hadits  yang membicarakannya. Bahwa silaturahmi itu akan membuat panjang umur, menambah rezeki termasuk menambah ilmu dan semakin memahami arti kehidupan.

Membandingkan cara hidup dan cara orang lain melihat dan menjalani hidupnya akan membuat hati menjadi semakin kaya. Tidak hanya itu, sering kali kegiatan bersilaturahmi ini akan membawa banyak rezeki yang lain, seperti pengembangan bisnis dan mendapatkan harta yang banyak.

Dalam Surat An-Nisa ayat 1, sekali lagi ada perintah untuk bersilturahmi. Dengan banyak mengunjungi orang-orang, diharapkan menjadi tahu bahwa kebahagiaan hakiki itu ketika sering berbagi dengan orang lain. Semakin banyak orang berkunjung ke tempat orang lain dengan niat tulus bersilaturahmi, akan kian kayalah ia. Tidak akan kelaparan dan akan mudah mendapatkan informasi untuk mendapatkan ladang pahala.

Inspirasi untuk terus menjalani hidup yang telah ditetapkan, pun menjadi salah satu alasan mengapa siturahmi ini sangat penting. Kunjungilah orang-orang yang sudah lanjut yang berada di rumah jompo.

Siapa tahu ada cerita yang menegangkan dan membukakan mata hati. Mengunjungi panti asuhan pun tidak jauh berbeda. Ketabahan anak-anak tak beribu bapak itu memberikan motivasi untuk terus bersyukur atas apa yang telah diberikan Allah Swt.

Tidak Disayangi Orang yang Tidak Menyayangi

Silaturahmi itu menambah kasih sayang Allah Swt sekaligus menambah kasih sayang orang lain. Saling menyapa dan berkunjung ini pun akan mengurangi rasa curiga dan kesalahpahaman. Ketika komunikasi terjalin dengan baik maka konflik pun bisa terhindarkan dengan sendirinya.

Kalau sering melimpahkan kasih sayang kepada orang lain maka dampaknya pun akan terasa. Betapa cinta orang lain itu menambah semangat untuk terus memberikan yang terbaik.

Yakinlah dengan semua ayat Al-Quran tentang silaturahmi. Keyakinan bahwa silaturahmi membawa kebaikan akan memberikan bukti betapa apa yang telah dituntunkan itu akan memberikan kebaikan bila dijalankan dengan ikhlas.

Selanjutnya : Apa yang Dimaksud dengan Ayunan Lengan dan Hop?
Sebelumnya: Aturan Main Bulu Tangkis Single
 

Artikel Menarik Lainnya

Komentar