Beberapa Ayat Alqur’an yang Menceritakan Tentang 25 Rasul


Rasul merupakan manusia pilihan Allah untuk menerangkan keberadaan Allah dan jalan menuju Allah yang telah teruji lahir batin, sehingga layak diangkat sebagai Rasul.Keberadaan tentang para Rasul Allah ini banyak diterangkan secara terpisah diayat Alqur’an. Baik ajakan dakwahnya maupun beberapa kisah yang  menceritakan perjalanan dakwahnya yang menghadapi pertentangan-pertentangan orang kafir atau musyrik.

Hampir seluruh Rasul mengalami akhir yang pahit dari kejamnya kemungkaran kaumnya, terluka dan terbunuh ditangan kaumnya, mewarnai kisah-kisah perjalanan dakwah para Rasul.  Dari awal turunnya Nabi Adam sampai  Nabi terakhir Muhammad, kisah berdarah dan kekejaman orang-orang yang tidak mau mengakui keesaan Allah menjadi pembelajaran bagi umat Islam kini melalui kitab Alqur’an. Ayat alqur’an yang menceritakan tentang 25 Rasul seperti di surat  Yunus ayat 74 yang menerangkan

Ayat Alqur’an yang Menceritakan Tentang 25 Rasul 1

Surat Fathir ayat 4 yang menerangkan:

Ayat Alqur’an yang Menceritakan Tentang 25 Rasul 2

Ayat-ayat tersebut menjelaskan tugas para Rasul yang diutus oleh Allah untuk mengajak beriman kepada Allah, namun pendustaan yang terus dilakukan kaum masing-masing serta ilmu dan mukjizat yang diberikan Allah kepada para utusanNya.

Ayat-ayat  lain yang menerangkan keberadaan 25 Rasul Allah ini bisa dibuktikan dengan beberapa nama surat dalam kitab Alqur’an yang menyebut nama para Rasul sebagai nama surat, seperti surat Yunus, surat Hud, surat Yusuf, surat Ibrahim, surat Muhammad,Surat Nuh, dan beberapa nama Rasul yang disebutkan dalam ayat-ayat Alqur’an, sepertiayat 84 surat Yunus tentang Nabi Musa, ayat 253 surat Al Baqarah tentang Nabi Isa, ayat 84 surat Ali Imran tentang Nabi Ibrahim, Nabi Ismail, Nabi Ishak, Nabi Yakub, Nabi Musa, Nabi Isa, ayat 85 surat Al A’raf  tentang  pengutusan Nabi Syu’aib,  ayat 63 surat Hud tentang kenabian Nabi Saleh,dan ayat 2 surat Al Jumuah tentang Nabi Muhammad.

Itulah beberapa ayat Alqur’an yang menceritakan tentang 25 Rasul utusan Allah yang diberi tugas mengajak kaum manusia beriman kepada Allah SWT. Semoga kita termasuk orang yang beriman dan tidak mendustai kebenaran yang dibawa para Rasul.

Selanjutnya : Solusi untuk Mengatasi Mual Muntah dalam Kehamilan
Sebelumnya: Jadwal Penyelesaian Tol Cinere Jagorawi Jangan Tertunda
 

Artikel Menarik Lainnya

Komentar