Ayat yang Menjelaskan Tentang Adab Pergaulan


Di sebagaian warga masyarakat tentu ada peraturan sosial dalam pergaulan, entah peraturan itu diciptakan oleh kesepakan moral, adat-istiadat, atau agama.

Dalam agama Islam, misalnya manusia diajarkan untuk saling mengenal satu sama lain. Bahkan di dalam ajaran agama Islam pun terdapat ayat yang menjelaskan tentang adab pergaulan.

Manusia pada dasarnya bukanlah makhluk individualis melainkan makhluk sosial. Tentu sebagai makhluk sosial tidak dapat dipungkiri bahwa pada kenyataannya manusia memang berada di sekitar manusia-manusia lain yang satu sama lainnya saling membutuhkan.

Maka, sebagai makhluk sosial, manusia secara sendirinya akan saling berinteraksi satu sama lain.

Manusia bergaul atau berinteraksi satu sama lain sesuai dengan keinginnanya sendiri ingin bergaul dengan siapa. Berinteraksi pun tak melulu secara langsung karena ada media pengantar yang berperan dalam pergaulan.

Cara bergaul pun kini sudah mulai merambah dunia maya, seperti lewat penggunaan jejaring sosial yang marak belakangan ini.

Di dalam Islam ada ungkapan yang telah sangat populer yang menyarankan agar para pemeluknya tidak hanya berbuat baik kepada Allah saja, tetapi sebagai hamba Allah manusia juga harus berbuat baik kepada sesama manusia.

Perbedaan yang diciptakan Tuhan dan terjadi pada setiap makhluknya merupakan suatu keniscayaan yang mestinya mendorong manusia untuk mencari tahu, mengenal satu sama lain.

Mengenai hal tersebut Islam memerintahkan kepada umatnya sebagaimana firman Allah yang disampaikan di dalam Al-Quran surat Al-Hujarat ayat 13 yang berbunyi:

Di samping itu, Islam secara spesifik juga memberikan aturan dalam pergaulan. Islam menekankan akhlak yang baik, tata cara yang sopan santun untuk bergaul agar tidak menyinggung, sehingga tidak menyakiti apalagi sampai terjadi perselisihan.

Dalam salah satu ayat Al-Quran diperingatkan kepada manusia agar tidak sombong kepada manusia lain, yaitu dalam Al-Quran surat Luqman ayat 18 yang berbunyi:

Selain ayat di atas, masih ada ayat-ayat lain yang mengatur hubungan pergaulan antar manusia. Seperti hubungan laki-laki dan perempuan bukan muhrim, suami-istri, dan lain sebagainya.

Adanya ayat-ayat yang menjelaskan tentang adab pergaulan tersebut menunjukkan bahwa Islam sangat peduli akan keharmonisan dalam pergaulan hidup manusia.

Selanjutnya : Kata-kata TDW
Sebelumnya: Kekurangan Nokia X8
 

Artikel Menarik Lainnya

Komentar