Tiga Peristiwa yang Memperlihatkan Azab Manusia

Dalam sejarah manusia di dunia, kita mengenal ada tiga peristiwa besar yang dianggap azab manusia. Azab ditimpakan kepada golongan manusia yang membangkang kepada ajaran Tuhan. Ketiga peristiwa besar itu terjadi pada zaman Nabi-Nabi terdahulu, yaitu pada zaman Nabi Luth a.s., zaman Nabi Musa a.s., dan pada zaman Nabi Nuh a.s.  Ketiga peristiwa itu tercantum dalam kitab-kitab suci agama Samawi, Kristen, Yahudi, dan Islam.

Peristiwa Laut Terbelah

Peristiwa ini terjadi pada zaman Nabi Musa a.s. Nabi Musa yang mengajak kaumnya untuk mempercayai keesaan Tuhan atau ajaran Tauhid ditentang oleh kebanyakan kaumnya saat itu, di masa pemerintahan Raja Fir’aun.

Bertahun-tahun Nabi Musa mengajak kaumnya untuk berhenti menyembah berhala, tetapi hanya sedikit yang percaya akan ajaran ketauhidan yang dibawa Nabi Musa a.s. Keberanian Nabi Musa menentang penyembahan berhala dibuktikan dengan penghacuran berhala-berhala di pusat Kota saat itu yang dijadikan sesembahan masyarakat jahiliyah zaman Fir’aun.

Atas tindakannya itu, Nabi Musa kemudian dibakar hidup-hidup, tetapi Allah menyelamatkannya dengan memerintahkan kepada api agar menjadi dingin, dan Nabi Musa selamat. Peristiwa itu tidak lantas membuat masyarkatnya insyaf dan mengikuti ajaran Nabi Musa. Hingga pada satu ketika Nabi Musa dan pengikutnya dikejar-kejar untuk dibunuh oleh bala tentara Fir’aun dan masyarakat yang benci pada Nabi Musa.

Pada satu ketika, tibalah Nabi Musa di tepi laut dan merasa terdesak. Atas perintah Allah Nabi Musa diperintahkan untuk mengetukan tongkatnya di tepi laut dan seketika itu pulalah laut terbelah dan terbentang jalan untuk Nabi Musa dan pengikutnya melintas dan menyebrangi lautan. Ketika Nabi Musa sampai di sisi yang lain, bala tentara Fir’aun yang mengejarnya baru sampai di tengah jalan laut yang terbelah itu, dan tiba-tiba laut kembali menyatu dan tenggelamlah mereka.

Peristiwa Banjir Besar

Peristiwa banjir besar di padang pasir adalah peristiwa yang saat ini tidak masuk di akal manusia. Bagaimana mungkin banjir terjadi di padang pasir yang panas dan tandus. Tetapi itulah kehendak Allah untuk memberi peringatan pada manusia. Peristiwa ini terjadi pada zaman Nabi Nuh a.s. Allah menurukan azab bagi kaum Nabi Nuh yang tidak mau mengikuti ajaran Tauhid Nabi Nuh saat itu, dengan menurukan hujan tiba-tiba yang lama dan mengakibatkan banjir yang dahsyat.

Seluruh kaum Nabi Nuh saat itu tenggelam dalam banjir termasuk putra kandung dari Nabi Nuh sendiri karena tidak mau mengikuti ajaran ayahandanya. Nabi Nuh dan sedikit pengikutnya waktu itu selamat karena sebelumnya Allah memerintahkan Nabi Nuh untuk membuat bahtera atau kapal besar.

Peristiwa Sodom Gomorah

Perisitwa Sodom Gomorah ini sangat terkenal sehingga band legendaris Queen sempat mengabadikannya pada satu lagunya yang berjudul sama. Sodom Gomorah adalah peristiwa benanca terbelahnya bumi seketika dan mengubur orang-orang Sodom. Peristiwa ini terjadi di zaman Nabi Luth a.s.

Allah memberikan azab kepada kaum Sodom karna mereka menyimpang, terutama dalam hal seksual. Kaum sodom dikenal sebagai penyuka sesama jenis dan sering melakukan sodomi (istilah Sodomi adalah berawal dari nama kaum Sodom). Mereka tidak turut kepada seruan Nabi Luth untuk menghentikan kebiasaan mereka dan akhirnya mereka mendapat azab.

Itulah tiga peristiwa  yang merupakan azab manusia yang terkenal sepanjang sejarah peradaban manusia.

Selanjutnya : Contoh Zat Terlarut dan Zat Pelarut
Sebelumnya: Dasar Mempelajari Pertambahan dan Pengurangan untuk Anak SD
 

Artikel Menarik Lainnya

Komentar

Loading...