Bacaan Ayat Setelah Sholat Fardhu dan Sunnah


Bacaan ayat setelah sholat dilakukan untuk menambah pahala dari Allah, karena setiap huruf di Alqur’an yang dibaca terhitung pahala. Apalagi ayat Alqur’an dibaca dan dipahami maknanya, tentu pahala bagi yang membacanya sangat besar. Membaca ayat-ayat Alqur’an dapat dilakukan kapan saja, namun pelaksanaannya juga ada di waktu setelah sholat.

Membaca ayat kitab suci sesudah sholat banyak dipraktikkan oleh kaum muslim di tanah air. Namun tidak ditemui dalil yang menjelaskan Nabi melakukan bacaan ayat-ayat Alqur’an seperti Surah Al-Fatihah dan Ayat Kursi setelah sholat. Oleh sebab itu, bacalah ayat-ayat Alqur’an tanpa mengkhususkannya di waktu tertentu, kecuali ada dalil yang menunjukkan contohnya dari Nabi Muhammad.

Bacaan Ayat Setelah Sholat

Alqur’an merupakan mukjizat dari Nabi Muhammad sekaligus menjadi petunjuk hidup bagi manusia di dunia ini. Menjalankan isi kitab suci ini berarti kita telah memilih jalan selamat yang diridhoi Allah.

Sebaliknya bagi kalangan yang melupakan isi Alqur’an serta melanggarnya akan diganjar dosa yang amat berat. Berikut ini ulasan ayat-ayat Alqur’an yang dibaca setelah melaksanakan sholat fardhu atau sholat sunnah, seperti sholat tahajud ketika malam hari.

Sebagaimana penjelasan di atas bahwa membaca Alqur’an sebaiknya dipahami maknanya, selain itu membaca Alqur’an harus dilakukan dengan benar atau tartil. Hukum bacaan atau tajwid harus dipakai dalam membaca, panjang dan pendeknya bacaan harus diperhatikan secara serius.

Membaca Alqur’an tidaklah sama dengan bacaan mantra para dukun yang dilakukan seenaknya, baca ayat-ayat Alqur’an secara perlahan tanpa tergesa-gesa. Berikut ini beberapa ayat Alqur’an yang mengandung arti yang sangat luas bagi manusia antara lain.

1. Ayat-ayat Surah Al-Fatihah

Semua kaum muslim wajib menghafalkan Surah Al-Fatihah karena surat ini menjadi rukun dan syarat sahnya ibadah sholat fardhu. Surah Al-Fatihah juga mengandung berbagai obat bagi manusia.

Ada sebuah riwayat yang menceritakan seseorang menyembuhkan penyakit dengan bacaan Surah Al-Fatihah. Bila Anda memiliki anak atau adik di rumah sebaiknya sejak dini dilatih menghafalkan Surah Al-Fatihah dan lebih sempurna dijelaskan arti dan kandungannya sekaligus.

2. Ayat Kursi

Ayat Kursi adalah nama ayat ke 255 di Surah Al-Baqarah. Ayat ini mengandung kebesaran dan keagungan sifat Allah SWT. Kaum muslim di Indonesia sebagian besar menghafalkan ayat Kursi, sebab di berbagai pengajian dan kelas di sekolah mengajarkan siswa untuk menghafalkan surat Kursi.

Demikianlah bahasan bacaan ayat setelah sholat dan semoga kita selalu dijaga oleh Allah. Semoga bermanfaat.

Selanjutnya : Tips Praktis Jual Beli di Tokobagus Elektronika
Sebelumnya: Cara Buat Bubur Kacang Merah yang Lezat
 

Artikel Menarik Lainnya

Komentar