Bacaan-Bacaan Wudhu


Dalam agama Islam, melakukan ibadah disertai dengan bacaan, termasuk bacaan-bacaan wudhu. Bacaan yang dibaca ketika berwudhu tersebut adalah yang berbentuk tulisan Arab, Latin, atau pun berbentuk suara yang bisa diperdengarkan. Semua itu tergantung dengan kebutuhan masing-masing orang.

Anak kecil, usia TK yang belum bisa membaca bacaan Arab, maka ia akan memerlukan bacaan dengan tulisan Latin. Bacaan tersebut akan ia gunakan untuk belajar bacaan wudhu, selain dibaca, juga dilafalkan oleh dengan bantuan orang dewasa.

Bacaan yang selanjutnya adalah bacaan yang berbentuk huruf Arab. Bacaan ini digunakan oleh orang dewasa yang sudah bisa membaca Al-Qur’an. Sedangkan bacaan yang terakhir adalah bacaan yang berbentuk suara. Bacaan ini digunakan untuk orang yang buta dan dalam belajar membaca bacaan wudhu, menggunakan suara.

Setiap orang Oslam, harus tahu dan menguasai bacaan tersebut. Karena bacaan tersebut setiap hari digunakan, minimal 5 kali. Yakni digunakan minimal 5 kali pada saat sholat wajib. Namun jika bacaan tersebut digunakan lebih dari 5 kali juga tidak apa-apa, karena tidak ada ketentuan dalam pelaksanan bacaan tersebut.

Kenapa semua umat beragama Islam harus menguasai bacaan tersebut, karena sholat adalah ibadah wajib yang harus dilakukan setiap hari. Sehingga ketika tidak menguasai bacaan tersebut, maka tidak akan berwudhu dengan sempurna.

Bacaan tersebut untuk umur berapakah? Bacaan tersebut diperuntukkan oleh semua umur, baik laki-laki maupun perempuan tidak terkecuali. Karena bacaan tersebut adalah bacaan wajib ketika hendak melakukan wudhu. Selain bacaannya, setiap orang yang harus menguasai tata cara berwudhu yang baik dan benar. Karena dalam berwudhu sendiri, mempunyai tata cara yang harus dilakukan secara runtut. Dan jika tidak runtut, maka wudhunya tersebut tidak sah.

Wudhu sendiri, dapat diganti dengan hal lain jika tidak terdapat air, yakni diganti dengan tayamum. Tayamum dilakukan ketika tidak ada air, maka bisa diganti dengan debu. Namun yang perlu ditahui bacaan-bacaan wudhu dan bacaan-bacaan untuk tayamum berbeda. Namun tujuannya sama, yakni untuk bersuci.

Selanjutnya : Berbagai Macam Kelainan Seksual
Sebelumnya: Sepatu Yang Dipakai Lionel Messi Pada Musim Laga Mendatang
 

Artikel Menarik Lainnya

Komentar