Bacaan Saat Wudhu


Berwudhu adalah bersuci. Dan ketika berwudhu, maka harus membaca bacaan yang disebut dengan bacaan saat wudhu. Berwudhu dilakukan oleh umat islam sebelum melakukan ibadah sholat. Ibadah sholat sendiri ada lima waktu, yakni yang pertama adalah sholat isya, sholat isya adalah sholat yang dilakukan ketika hari sudah petang, dan dilakukan setelah sholat magrib.

Jika sholat magrib sekitar pukul 18.00, maka sholat isya dilakukan pada sekitar pukul 19.00. setelah sholat isya kemudian ada sholat subuh. Sholat subuh dilakukan pada petang hari, sekitar pukul 4 pagi. Dan jumlah rakaat sholat subuh adalah dua rakaat.

Sholat yang selanjutnya adalah sholat dhuhur. Sholat ini dilakukan ketika matahari berada di atas kepala sejumlah 4 rakaat. Setelah sholat dhuhur, kemudian ada sholat asar yang berjumlah 4 rakaat. Sholat asar dilakukan pada sore hari, sekitar pukul 15.00. Sholat yang selanjutnya adalah sholat magrib yang berjumlah 3 rakaan dan dilakukan ketika matahari sudah tenggelam.

Dari kelima sholat tersebut, dapat sah dilakukan ketika orang yang akan menunaikan sholat berwudhu terlebih dahulu. Oleh karena itu, betapa pentingya melakukan wudhu ketika akan beribadah. Selain beribadah, berwudhu juga dilakukan ketika akan berangkat mengaji, melakukan sholat sunah, memasuki masjid atau pun membaca ayat suci.

Sebenarnya, wudhu hanya diwajibkan ketika hendak menunaikan sholat wajib atau pun sunnah. Namun, jika akan melakukan ibadah lain seperti membaca ayat suci Al-Qur’an dan berwudhu terlebih dahulu, maka pahala yang didapat akan lebih banyak daripada jika tidak malakukan wudhu.

Selanjutnya, bagaimanakah bacaan saat wudhu. Bacaat saat wudhu ada dua hal yang wajib dibaca, yakni niat berwudhu dan doa setelah wudhu. Bacaan sesudah dan sebelum wudhu tersebut wajib dibaca sebagai niat. Karena ibadah apa pun yang dilakukan, semua itu tergantung niat.

Selanjutntya, ada doa yang lain pula yang dilakukan pada saat, berkumur, membasuh hidung dan membasuh muka. Dan ada doa pula yang diucapkan ketika membasuh tangan, kepala, dan juga kaki. Namun doa tersebut bersifat sunnah.

Selanjutnya : Membuat Sepeda Mesin Motor Tenaga Listrik
Sebelumnya: Kelebihan dan Kekurangan Acer Aspire One 722
 

Artikel Menarik Lainnya

Komentar