Bagaimana Bacaan Wudhu yang Benar?

Wudhu adalah bagian dari thaharah atau bersuci, dengan bacaan wudhu di awal dan di akhirnya. Hanya agama Islamlah yang memperhatikan kebersihan, dan mewajibkan umatnya untuk membersihkan diri minimal lima kali sehari. Betapa sangat ditekankannya kebersihan, sampai-sampai Allah melalui Rasulnya menyatakan bahwa kebersihan (kesucian)  itu adalah sebagian dari iman. Dengan membersihkan diri dengan niat dan doa diharapkan kita juga menyucikan fisik dan jiwa kita dan siap untuk menghadap Allah dalam ibadah.

Dalil Berwudhu

Wudhu merupakan salah satu rukun wajib shalat. Tidak sah shalat seseorang jika tidak didahului dengan wudhu. Firman Allah SWT :

Hai ORangggggg

Sabda Rasulullah Saw,

Tidak Sahh

Demikian pula tata cara berwudhu harus tepat dan benar, sebab jika ada gerakan yang salah, urutan yang tidak tepat, ada bagian tubuh yang seharusnya terkena air wudhu tetapi terlewatkan, maka wudhunya menjadi tidak sah.

Tata Cara dan Bacaan Wudhu           

Bagaimanakah tata cara berwudhu? Ada beberapa cara dalam berwudhu yang diberikan oleh ulama dan tokoh islam terdahulu. Tetapi sebaiknya kita bercermin pada tata cara wudhu yang dicontohkan oleh Rasulullah. Tata cara berwudhu yang dicontohkan Rasulullah SAW adalah sebagai berikut :

  1. Berniat di dalam hati untuk berwudhu, menyucikan diri dari hadats, atau untuk melakukan ibadah.
  2. Membaca Basmallah, sesuai dengan hadits riwayat Ahmad yang telah dijelaskan di atas.
  3. Mencuci kedua telapak tangan sebanyak 3 kali.
  4. Mengambil air dengan tangan kanan, memasukkan ke dalam mulut, sebagian dihirup ke dalam hidung. Air yang di dalam mulut dikumur-kumur, begitu juga yang di dalam hidung dikeluarkan bersama kotoran.
  5. Mencuci muka sebanyak 3 kali. Batasnya sampai tempat tumbuhnya rambut.
  6. Mencuci kedua tangan sampai siku 3 kali.
  7. Mengusap kepala dari depan ke belakang kemudian langsung mengusap kedua telinga 1 kali. Mengusap telinga dengan cara telunjuk dimasukkan ke lubang telinga dan ibu jari mengusap bagian luar (daun) telinga.
  8. Mencuci kedua kaki sampai mata kaki sebanyak 3 kali.
  9. Setelah selesai berwudhu membaca doa :

Aku Bersaksi

Sebagai umat Islam yang telam memasuki masa akil baliq, berwudhu merupakan sebuah kewajiban untuk memulai ibadah selanjutnya yaitu sholat. Pemahaman dan praktek  yang benar mengenai cara berwudhu akan menjadikan ibadah kita diterima olah Allah SWT. Demikian ulasan mengenai bacaan wudhu. Bagaimana, apakah Anda sudah tahu lebih mendalam tentang permasalan wudhu? Semoga ulasan singkat tentang wudhu ini dapat memberikan manfaat kepada Anda semua para pembaca.

Selanjutnya : Harga Anakan Burung Anis Merah yang Mahal
Sebelumnya: Contoh Wawancara dengan Seorang Penyanyi
 

Artikel Menarik Lainnya

Komentar

//adsnya disini