Bagaimana Cara Melakukan Musikalisasi Puisi


Agar kita dapat memahami bagaimana cara melakukan musikalisasi puisi dengan baik, ada baiknya kita memahami beberapa poin berikut ini.

A. Definisi Musikalisasi Puisi

Banyak definisi tentang musikalisasi puisi, beberapa di antaranya adalah sebagai berikut:

1. Musikalisasi puisi dapat diartikan sebagai puisi yang dinyanyikan, sehingga terkesan sebagai lagu. Adapun tujuannya adalah untuk memudahkan pendengar dapat memahami makna puisi yang ditulis oleh si penyair.

Selain itu, dengan dinyanyikan kita akan lebih mudah mengingat puisi tersebut. Beberapa contoh puisi yang berhasil dinyanyikan dengan baik adalah puisi-puisi karya Ebiet G. Ade, puisi-puisi karya Ully Sigar Rusadi, dan puisi-puisi karya Taufik Ismail yang sukses dimusikalisasi oleh grup musik Bimbo.

Mungkin sebagian besar masyarakat awam tidak mengetahui bahwa lagu-lagu Ebiet G. Ade sebenarnya adalah sebuah puisi. Begitu juga dengan lagu Tuhan-nya Bimbo.

2. Ada juga yang mengartikan musikalisasi puisi sebagai pembacaan puisi yang diiringi oleh alat musik, seperti gitar, biola, maupun piano. Dalam hal ini, musik hanya digunakan sebagai pengiring pembacaan puisi.

Puisi tetap dibaca seperti halnya puisi, tidak dinyanyikan. Iringan musik hanya digunakan untuk memperkuat makna puisi yang dibacakan dan membangun suasana yang sesuai dengan isi puisi. Pendapat ini banyak yang menentang, dan mengelompokan jenis pembacaan puisi tersebut ke dalam jenis musik puisi.

B. Cara Membuat Musikalisasi Puisi

Berdasarkan kedua definisi di atas, dapat disimpulkan bahwa musikalilasi puisi adalah membawakan puisi menjadi sebuah lagu, bukan puisi yang diiringi musik. Lalu bagaimana cara membuat sebuah musikalisasi puisi yang baik?

Tentunya untuk membuat sebuah musikalisasi puisi kita harus memahami makna tersirat dari puisi yang akan kita musikalisasi. Kemudian kita membuat nada-nada yang sesuai dengan syair dan lirik puisi sehingga jiwa dan makna puisi tidak hilang. Jangan sampai puisi yang artinya sedih kita nyanyikan dengan nada bahagia.

Membuat musikalisasi puisi tidaklah harus menggunakan alat musik yang lengkap. Hanya dengan iringan dentingan gitar akustik pun, jika kita dapat menemukan nada yang sesuai, dapat tercipta sebuah musikalisasi puisi yang indah.

Anda ingin mencoba?

Selanjutnya : Cara Mendapat Beasiswa Kuliah di Luar Negeri
Sebelumnya: Cara Memenuhi Kebutuhan Vitamin Ikan Gurame
 

Artikel Menarik Lainnya

Komentar