Mudahnya Mengetahui Bagaimana Cara Membuka Ms Excel

Bagaimana cara membuka Ms excel? Pertanyaan seperti ini akan diajukan oleh mereka yang tidak pernah menggunakan Ms excel untuk menghitung sesuatu. Pekerjaan di kantor tentu saja memerlukan keahlian menggunakan Ms excel seperti ini. Tapi apa yang harus dilakukan bila kita hanya bisa membuka Ms word saja. Jangan khawatir, belajar excel sama mudahnya dengan mempelajari Ms word.

Sebelum masuk pada detail penggunaan excel maka kita harus tahu terlebih dulu cara memulai excel ini. Sama seperti aplikasi Ms office lainnya, membuka excel ini bisa dilakukan dengan tiga cara yaitu dengan mengklik icon shortcut yang ada di desktop, membuka program di toolbar Microsoft office atau dengan memilih tombol start yang terletak di kiri bawah kemudian memilih program kemudian Microsoft Excel.

Loading...

Cara Membuka MS Excel

Berikut ini langkah yang dapat diikuti untuk membuka program excel di komputer Anda. Buka Excel dengan memilih tombol Start terletak di kiri bawah layar, kemudian pilih Programs kemudian Microsoft Excel dan lihatlah layar yang ada di depan kita.

WORKBOOK. Setiap kali Anda memulai program ini maka otomatis akan membuka Workbook kosong yang baru. Nama workbook baru ini selalu diberi nama awal Book1, sampai Anda menyimpan file dengan nama berbeda. Workbook ini seperti bagian keseluruhan sheets atau beberapa worksheets yang ada dalam satu workbook.

Ketika memulai excel, seharusnya Anda melihat kolom berwarna biru di bagian atas layar yang disebut dengan kolom judul. Kolom ini adalah tempat dimana Anda akan melihat nama file yang telah disimpan sebelumnya. Jika file sudah disimpan tetapi tidak memakai nama baru maka nama file akan tetap book1.

Bagaimana Menyimpan File Excel?

Ada banyak format yang bisa dipilih untuk menyimpan data kita di dalam excel tetapi sejauh ini format yang dipakai secara umum adalah *.xls. Beberapa format populer lainnya adalah *.xlt, *.txt, *.xml, dan *.web page (bila menyimpan data dari halaman web).

Untuk menyimpan data ini excel akan menampilkan kotak dialog Save As. Di kotak dialog inilah Anda memberi nama, memilih jenis file dan memilih lokasi untuk menyimpan data Anda.

Jika Anda sudah menyimpan workbook ini maka selalu simpan data dengan nama file, jenis dan lokasi yang dipilih setiap kali Anda menyimpan data. Sampai disini Anda sudah berhasil tahu bagaimana cara membuka ms excel itu. Mudah, bukan? Silakan dicoba.

Loading...
Selanjutnya : Pidato Ucapan Selamat Ulang Tahun Untuk Sekolahku
Sebelumnya: Bahaya Pemutih Susu Kambing
 

Artikel Menarik Lainnya

Komentar