Bagaimana Cara Mencegah Pengangguran

Pengangguran adalah keadaan di mana seseorang tidak mempunyai pekerjaan dan tidak menghasilkan apa-apa. Hal ini tentu saja sangat menakutkan. Karena pengangguran bagi sebagian orang adalah hal yang sangat menyiksa. Parahnya, pengangguran adalah satu masalah yang belum terselesaikan di Indonesia. Bagaimana cara mencegah pengangguran? Pengangguran hanya dapat diatasi oleh kerja sama dari berbagai pihak.

Mengherankan, jika mengetahui orang-orang yang menjadi pengangguran, bukan hanya orang yang tidak mempunyai keterampilan dan putus sekolah, namun juga para sarjana.

Loading...

Sepertinya pengangguran memang bisa terjadi kepada siapa saja. Karena boleh jadi, pengangguran yang dialami dibuat oleh diri sendiri karena diri sendiri tidak mau berbuat banyak agar tidak menganggur. Misalnya saja seorang yang tidak menyelesaikan studinya dikarenakan masalah biaya. Orang tersebut memilih berada di rumah, tanpa berusaha untuk mencari pekerjaan, semisal bekerja sebagai penjaga warnet, butik, atau pun toko roti.

Contoh lain dari pengangguran adalah sarjana muda yang menginginkan pekerjaan yang enak dan menghasilkan banyak uang. Padahal, semua pekerjaan dimulai dari nol, dan tidak ada pekerjaan yang tidak membutuhkan perjuangan terlebih dahulu. Inilah yang menjadi masalah, jika para sarjana tidak menghendaki pekerjaan yang biasa saja seperti bekerja untuk hal-hal kecil demi mendapatkan hal yang besar.

Cara Pencegahan Pengangguran

Oleh karena itu, di bawah ini ada cara bagaimana cara mencegah pengangguran. Pertama, membuka lapangan pekerjaan. Jika dipresentasi, kebanyakan pengguran yang paling banyak adalah penggguran yang tidak mempunyai keterampilan atau pun pendidikan. Oleh karena itu, membuka lapangan pekerjaan bagi mereka yang tidak mempunyai keterampilan atau pun pendidikan yang cukup akan sangat membantu. Misalnya saja, penyaluran tenaga untuk bekerja di pabrik.

Kedua, penegasan melalui sosialisasi atau melalui tulisan di media massa untuk tidak terlalu pemilih di dalam mencari pekerjaan untuk mencari kesempurnaan dalam bidang pekerjaan yang diminati dan ditekuni. Karena keberhasilan tidak datang secara tiba-tiba, melainkan selangkah demi selangkah. Itulah dua cara yang dapat dilakukan untuk mencegah penggangguran dan menggurangi jumlah pengangguran.

Banyak pula orang pada akhirnya membuka usaha sendiri yang kini menjamur di mana-mana. Dari usaha kecil bisa menjadi besar, bahkan akan dapat memperkerjakan orang. Bagaimana cara mencegah pengangguran pun dapat diatasi. Semoga bermanfaat.

Loading...
Selanjutnya : Cara Menghindari Penipuan di Jejaring Sosial
Sebelumnya: Alasan Memilih UPN Veteran Yogyakarta
 

Artikel Menarik Lainnya

Komentar