Bagaimana Cara Mengenal Hujan Asam?


Hujan asam merupakan hujan yang mempunyai derajat keasaman (pH) kurang dari 5,6. Dalam keadaan normal, air hujan yang turun memiliki pH 5,7. Sebagai perbandingan, air murni memiliki pH 7 dan bersifat netral.

Air hujan sebenarnya sudah bersifat asam karena memiliki pH di bawah 7. Ini dapat terjadi karena air hujan melarutkan karbondiosida yang ada di udara.

Namun, jika air hujan yang turun memiliki pH kurang dari 5,6 maka sudah dikategorikan sebagai hujan asam. Pengukuran derajat keasaman memerlukan alat pH meter. Namun, ada cara untuk mengenal hujan asam melalui kenampakan fisik yang terjadi di lingkungan sekitar.

Penyebab utama dari hujan asam adalah pelepasan beberapa gas emisi, yaitu karbon dioksida (CO2), karbon monoksida (CO), sulfur oksida (SO2), dan nitrogen Oksida (NO2).

Di udara, gas-gas tersebut dapat bersenyawa menjadi asam sulfat (H2SO4) dan asam nitrat (HNO3). Senyawa ini dapat dengan mudahnya menempel pada awan hujan. Jika awan hujan sudah terlampau berat dan menjatuhkan air (maupun salju), maka hujan asam pun terjadi.

Senyawa asam sulfat dan asam nitrat merupakan senyawa yang bersifat korosif. Jika senyawa ini mengenai logam, maka logam tersebut akan menjadi berkarat.

Jika mengenai tubuh makhluk hidup, maka kerusakan jaringan mudah terjadi pada makhluk hidup tersebut. Karena sifat yang korosif inilah, maka ciri-ciri hujan asam dapat dikenali secara fisik.

Cara mengenali ciri-ciri fisik hujan asam adalah dengan melihat langsung reaksi tumbuhan yang terpapar hujan asam. Tumbuhan tersebut akan layu karena jaringan yang terpapar hujan asam rusak.

Reaksinya tidak langsung seketika terlihat. Proses pelayuan akan berlangsung dalam beberapa hari, namun tidak sampai satu minggu. Bagi tumbuhan dengan batang keras, proses pelayuan mungkin sekali hanya terjadi pada daun dan ranting-ranting muda, namun bagi tumbuhan yang tidak berbatang keras, proses pelayuan dapat terjadi pada seluruh bagian tumbuhan.

Dengan mengenal hujan asam melalui ciri-ciri fisiknya, maka kita jadi tahu betapa berbahayanya hujan asam bagi tubuh kita. Cara paling baik menangkal bahaya hujan asam adalah dengan menghindarinya, namun jika sudah terkena, sebaiknya kita segera langsung mandi dengan air bersih agar senyawa-senyawa kimia berbahaya dapat lepas dari kulit kita.

Selanjutnya : Cara Mengatasi Kesulitan Mendapatkan Agen atau Grosir
Sebelumnya: Belajar Bahasa Pbo Java
 

Artikel Menarik Lainnya

Komentar