Bagaimana Cara Menghitung Panjang Diagonal Balok


Apakah Anda pernah menghitung panjang diagonal balok? Ataukah Anda tahu bagaimana cara menghitung panjang diagonal balok? Mungkin saja tak banyak yang tahu dengan cara menghitung diagonal balok pada masyarakat umumnya. Namun yang jelas, pelajar sekolah dasar, pastinya mengetahui bagaimana cara menghitungnya, karena di sekolah sudah diajarkan bagaimana cara menghitungnya.

Bentuk tersebut sebagai bentuk aplikasi dari teori tentang balok. Selain menghitung tentang panjang diagonal balok, bisa juga melakukan cara untuk menghitung volume atau pun luas balok. Selain itu juga bisa menghitung diagonal sisi atau pun diagonal ruang. Berikut ini akan diuraikan secara singkat mengenai menghitung panjang diagonal balok.

Pertama, yakni diagonal sisi. Apakah yang dimaksud dengan diagonal sisi? Diagonal sisi adalah dua buah garis, yang garis tersebut terbentuk oleh sudut yang saling berhadapan. Dan sudut tersebut terletak pada bidang yang sama. Selanjutnya, jika Anda menarik dua diagonal sisi pada satu bidang, maka Anda akan mendapatkan tanda silang pada bidang yang anda buat garis tersebut.

Balok mempunyai 12 buah diagonal sisi. Karena balok atau pun kubus mempunyai 6 buah sisi, dua di atas, dua di bawah, serta dua di samping, jika kalian perhatikan. Cara untuk mendapatkan diagonal sisi adalah dengan mengalikan jumlah sisi dikali dua, maka akan didapatkan 12 buah.

Kedua adalah diagonal ruang. Diagonal ruang adalah diagonal yang dibentuk, namun diagonal tersebut terbentuk oleh sisi yang berbeda namun masih dalam satu ruang yang sama. Diagonal yang ketiga adalah bidang diagonal. Apakah yang dimaksud dengan bidang diagonal? Yakni bidang yang didapat dengan karena bidang tersebut terdapat pada bagian sisi dan jika diperhatikan akan berbentuk persegi panjang.

Itulah setidaknya bagaimana cara menghitung panjang diagonal balok dan bagaimana cara menghitung banyak diagonal balok. Jika Anda ingin mempraktikannya, Anda bisa mencari sebuah benda yang berbentuk balok. Benda berbentuk balok bisa Anda cari di mainan anak-anak. Kemudian Anda bisa mencoba menghitung diagonal balok tersebut. Selamat mencoba.

Selanjutnya : Membuat Puisi Ibu yang Singkat
Sebelumnya: Sejarah Ibadah Umrah di Tanah Suci
 

Artikel Menarik Lainnya

Komentar