Bagaimana Caranya Menjadi Bijaksana


Semua orang kerap mendengungkan kata bijaksana, namun tidak semua orang bisa bertindak secara bijaksana. Bagaimana caranya menjadi bijaksana tergantung dari diri masing-masing. Karena bijaksana sendiri adalah suatu sikap yang selalu bertindak dengan memikirkan segala sesuatu terlebih dahulu, misalnya saja baik dan buruknya sebuah tindakan.

Orang yang bertindak dengan bijaksana, adalah orang yang bertindak dengan menggunakan pikiran dan juga hati. Sikap bijaksana adalah sifat yang biasanya dimiliki oleh pemimpin. Seperti zaman dahulu, sikap bijaksana dimiliki oleh raja-raja.

Jika raja mampu bersikap bijaksana terhadap kerajaan dan rakyatnya, biasanya raja tersebut akan disayangi oleh rakyatnya. Berbeda ketika raja bersikap semena-mena dan tidak bijaksana, akan banyak rakyat yang hidup menderita karena ulah dari rajanya. Raja yang bijaksana, akan dapat lebih lama memimpin kerajaan.

Begitu pula dengan pemimpin masa kini. Pemimpin tidak hanya meliputi presiden, menteri, anggota DPR atau pun MPR. Pemimpin juga meliputi golongan lain, seperti kepala keluarga, ketua kelas, ketua penyelenggara, ketua acara, ketua RT, ketua TW, dan masih banyak lagi. Biasanya orang yang dipilih menjadi pemimpin adalah orang yang dapat bertindak secara bijaksana.

Bijaksana sendiri tidak hanya dari segi perbuatan, namun juga pikiran, dan perbuatan. Sikap bijaksana sudah banyak dicontohkan oleh pemimpin zaman dahulu. Sikap bijaksana tersebut, akan membuat apa yang dinaunginya menjadi tentram.

Sikap bijaksana kerap terlihat jika pemimpin sedang menghadapi suatu masalah atau pun memutuskuskan sesuatu. Pemimpin yang sedang dihadapi suatu masalah harus dapat berpikir secara bijaksana, terkait apa yang akan dia lakukan untuk menyelesaikan masalah tersebut. Termasuk dalam memberikan keputusan dan mandat. Karena seringkali pemimpin tidak memutuskan suatu hal tanpa pemikiran yang mendalam dan mempertimbangkan segala sesuatunya.

Untuk dapat bersikap bijaksana, seseorang harus membiasakan sikap bijaksana tersebut dari dini. Dimulai dengan dapat membedakan mana yang baik dan mana yang buruk, antara yang merugikan atau tidak. Selain itu, sikap bijaksana juga harus dipraktikkan dalam kehidupan sehari-hari. Itulah cara bagaimana caranya menjadi bijaksana.

Selanjutnya : Cara Menembak Cinta Tanpa Ditolak
Sebelumnya: Jenis-jenis Manusia Purba di Indonesia
 

Artikel Menarik Lainnya

Komentar