Bagaimana Contoh Variabel Penelitian Kuantitatif dan Pembahasannya


Pada artikel ini akan kita bahas mengenai variabel penelitian dan contoh variabel penelitian kuantitatif. Variabel ini disebut juga dengan sebutan variabel dimensi. Dari sini kita memberikan pengertian bahwa variabel ini, membuat konsep pada suatu objek dengan mengunakan tingkatan atau nilai.

Sehingga dapat terlihat bahwa varibel ini, dapat diberikan nilai dan ukuran dengan mengunakan angka. Dengan mengunakan konsep tunggal, variabel ini sering dipilih untuk digunakan sebagai konsep penelitian. konsep tunggal ini mempunyai spesifik dengan satu macam gejala atau objek saja.

Konsep Variable

Contoh konsep variabel ini seperti pada pelaksanaan sholat fardhu. Ketika dilaksanakan, tidak bercampur dengan pelaksanaan sholat sunnah dan juga dzikir. Bisa dikatakan termasuk dalam dimensi majemuk. Berdasarkan pada konsep pelaksanaan perintah agama, konsep ini mempunyai banyak sekali gejala.

Seperti pada pelaksaan shalat sunat, pelaksanaan zakat, pelaksanaan shalat fardhu, dan pelaksanaan pelaksanan puasa. Selain itu hubungan antar manusia, patuh kepada kedua orangtua, dan sebagainya. Pada setiap macam pengamalan agama termasuk dalam satu variabel, karena kompleksnya sehingga sulit bila diuji mengunakan metode statistik. Untuk hasil yang mendalam, perlu adanya penelitian dengan skala yang besar.

Jenis Variable Kuantitatif

Variabel kuantitatif dibedakan menjadi dua jenis variabel, yaitu diskret dan kontinu. Perbedaaan secara umum diantara keduanya adalah, pada variabel diskret diguankan untuk melihat hasil perhitungan sedangkan pada variabel kontinu untuk melihat hasil dari pengukuran.

Ketika melakukan penelitian kuantitatif, yang paling bagus untuk penelitian adalah mengunakan konsep dimensi. Karena konsep tersebut mudah untuk digunakan dan diterapkan pada semua macam budaya yang ada. Penghitungan mengunakan konsep dimensi juga lebih mudah untuk dihasilkan dalam bentuk data. Sehingga dapat dianalisa dengan mengunakan metode statistik akurat.

Bukan berarti bila mengunakan konsep lainnya, seperti konsep kategori tidak akan menghasilkan data yang akurat. Sebab konsep kategori juga masih dapat dilakukan analisa pada data yang diperoleh dengan mengunakan statistik non prametik.

Data tersebut juga dapat diubah dengan mengunakan beberapa cara, sehingga menjadi konsep dimensi. Semoga sedikit contoh variabel penelitian kuantitatif dan pembahasannya ini, akan membantu Anda untuk memahami motede tersebut dengan baik.

Selanjutnya : Cara Menggunakan Cheat GTA di PC
Sebelumnya: Wanita Karier dan Keluarga
 

Artikel Menarik Lainnya

Komentar