Bagaimana Memegang Piknometer

Anda mengenal istilah piknometer? Dan apakah Anda pernah memegang piknometer? Dan bagaimana memegang piknometer? Piknometer sendiri adalah sebuah bejana yang terbuat dari kaca.

Bejana tersebut berbentuk lubang agak kecil pada atasnya, serta lebar pada bagian bawahnya. Kemudian apakah fungsi alat tersebut? Alat tersebut berfungsi untuk menentukan sebuah volume dalam cairan. Sehingga alat tersebut berfungsi sebagai cara untuk menentukan berat jenis yang ada pada suatu cairan.

Alat tersebut kerap digunakan pada pelajaran kimia, pada saat praktik di lapangan. Alat tersebut tentu saja digunakan dalam praktikum siswa jurusan IPA dan juga mahasiswa jurusan kimia. Untuk mengetahui reaksi kimia apakah yang terjadi. Mungkin Anda yang dulu jurusan IPA pernah menggunakannya.

Selanjutnya, dalam alat tersebut terdapat angka, angka tersebutlah yang digunakan untuk menghitung volume cairan. Angka tersebut dihitung dengan menggunakan mili seperti yang tertulis dalam bejana tersebut. Dan jika angka hilang, bejana tersebut bisa tidak digunakan lagi, karena tidak bisa untuk mengetahui berapakah volume cairan.

Selanjutnya, bejana tersebut terbuat dari kaca sehingga ketika jatuh akan pecah. Oleh karena itu, setiap orang yang menggunakan alat tersebut haruslah hati-hati. Cara memegangnya adalah dengan memegang bagian samping, namun jangan sampai menutupi angka. Karena angka digunakan untuk membaca volume.

Jika Anda belum terbiasa membacanya dan memegangnya, tentu Anda akan rikuh, namun lama-lama akan terbiasa juga untuk memegangnya. Kemudian, cairan apa saja yang bisa dihitung volumenya.

Apa saja yang berbentuk cairan bisa dihitung volumenya. Karena tidak mungkin menghitung suatu cairan dengan cara menimbangnya, maka dihitung dengan menggunakan alat yang khusus. Selanjutnya, cairan garam, air biasa, cairan kimia, dan macam-macam cairan tentu bisa dihitung, bahkan darah pun tentu saja bisa dihitung berapakah volumenya.

Jika Anda membutuhkan piknometer, Anda bisa membelinya di toko khusus peralatan kimia atau bisa juga mencarinya di apotek. Karena piknometer tidak dijual secara sembarangan di sekua toko dan hanya dapat ditemukan di toko-toko tertentu. Setelah ada mengetahui bagaimana memegang piknometer, Anda bisa juga menggunakannya.

Loading...
Selanjutnya : Pembahasan Nama Organ Dan Enzim Yang Dihasilkan Pada Manusia
Sebelumnya: Aplikasi Menarik untuk BB
 

Artikel Menarik Lainnya

Komentar