Bagaimana Menjadi Penulis Novel yang Baik

Bagaimana menjadi penulis novel yang baik dan menghasilkan karya yang mendunia? J.K. Rowling, Paulo Coelho, Ayu Utami adalah contoh orang-orang yang berhasil menjadi seorang novelis.

Bagaimana sebetulnya proses agar dapat menjadi penulis novel yang baik itu? Apa yang harus dilakukan agar dapat membuat novel dan menerbitkannya dalam sebuah buku?

Sebetulnya tidak ada teori yang mengajarkan untuk menjadi seorang novelis atau penulis novel secara akurat. Yang ada hanyalah bagaimana membuat tulisan yang baik berdasarkan aturan ejaan yang berlaku. Untuk membuat novel tentunya dibutuhkan ketekunan, baik ketekunan untuk menulis maupun menuangkan ide.

Namun, ada beberapa cara yang bisa dilakukan agar berhasil menjadi penulis novel yang baik. Yang pertama tentu saja terus mengasah kemampuan menulis. Berlatihlah menulis setiap hari.

Ini bisa diawali dengan rajin menulis di blog. Tidak ada penulis novel terkenal yang karyanya langsung sukses, namun harus melewat proses.

Yang kedua adalah berusaha menemukan tema cerita yang tidak pasaran. Misalnya jika ingin menulis tentang kisah cinta, carilah cerita cinta yang unik dan lain daripada yang lain.

Cerita tentang seorang gadis minder yang jatuh cinta pada cowok tampan, pintar dan seorang bintang basket, adalah tema yang sangat biasa. Cobalah cari ide cerita yang belum pernah ada.

Hal ini tentu akan lebih menarik perhatian penerbit dan calon pembaca. Untuk menentukan tema ini, terlebih dahulu tentukan untuk siapa novel akan ditulis. Pastinya tema akan berbeda antara novel remaja dengan novel dewasa.

Lalu pastikan juga penokohan dalam novel tersebut. Tentukan siapa yang akan menjadi tokoh utama, tokoh antagonis, atau tokoh protagonist. Penentuan tokoh ini akan mempengaruhi keseluruhan penulisan cerita. Tulis juga novel itu dalam bahasa yang mudah dimengerti, sesuai dengan target pembaca yan dituju.

Setelah itu, buatlah outline cerita. Pembuatan outline atau garis besar cerita ini akan mepermudah penulisan alur cerita, agar alur ceritanya logis dan tidak membingungkan. Cerita boleh fiksi dan penuh dengan khayalan, namun alur cerita harus logis.

Menjadi penulis novel yang baik pastilah dapat mengemas cerita dengan baik, yaitu dengan mengemas pengenalan, mulai timbulnya masalah, terjadinya konflik, serta akhirnya mengatasi konflik yang terjadi, dengan baik.

Sebetulnya bagaimana menjadi penulis novel yang baik, hanya ada satu cara yaitu memiliki kemauan keras dan juga ketekunan.

Loading...
Selanjutnya : Penulisan Gelas SOS MM yang Benar
Sebelumnya: Akun-akun dalam Contoh Buku Besar Koperasi Produsen
 

Artikel Menarik Lainnya

Komentar