Bagaimana Menyusun Makalah Ekspor Impor?


Apakah Anda sedang kesulitan menyusun makalah ekspor impor? Tidak perlu bingung karena membuat makalah apapun sebenarnya sangat mudah asalkan Anda mengetahui poin-poin penting dalam sebuah makalah serta menguasai materi yang ingin Anda bahas. Di bawah ini akan diberikan contoh susunan makalah yang bisa Anda tiru.

1. Bab I Pendahuluan

Bab ini berisi tentang latar belakang tentang mengapa Anda tertarik untuk menyusun makalah tentang ekspor impor. Anda bisa mencantumkan sekilas tentang pengertian ekspor impor dalam latar belakang makalah Anda, termasuk fenomena apa yang kemudian terjadi akibat dari adanya perdagangan jenis ini.

Untuk rumusan masalah, Anda harus mengajukan beberapa permasalahan yang menjadi pokok pembahasan. Contoh rumusan masalah yang bisa diangkat adalah tentang apa pengertian ekspor impor secara luas, apa saja manfaat ekspor impor, apa saja yang menjadi latar belakang terjadinya ekspor impor, serta bagaimana praktek ekspor impor di Indonesia.

Bab pendahuluan juga terdiri dari tujuan dan manfaat penulisan makalah. Di bagian ini, Anda harus mengungkapkan apa tujuan makalah yang Anda buat dan poin-poinnya harus mengacu pada rumusa masalah. Misalnya, tujuan makalah tersebut untuk mempelajari tentang pengertian ekspor impor, mengetahui manfaat kegiatan ekspor impor, maupun untuk mengetahui latar belakang perdagangan ekspor impor.

2. Bab II Isi

Bab II ini mengandung isi, maka harus mengandung pembahasan lengkap secara mendetail tentang ekspor impor yang sudah dirangkum pada rumusan masalah di bab awal. Uraikan pengertian ekspor impor, apa manfaatnya, apa latar belakang, lalu bagaimana ekspor impor yang dilakukan di Indonesia.

Tiap-tiap pertanyaan pada rumusan masalah harus dijawab berdasarkan informasi atau data-data yang sudah ada sebelumnya. Pendapat para ahli tentang ekspor impor, serta kejadian-kejadian di Indonesia yang berhubungan dengan ekspor impor juga bisa dimasukkan ke dalam bab ini.

3. Bab III Penutup

Bab III adalah bab berisi penutup. Penutup pada makalah berarti kesimpulan-kesimpulan tentang ekspor impor yang sudah dibahas di bab sebelumnya. Isi bab penutup ini bisa dibilang adalah penegas yang berupa pengulangan, yaitu sebuah jawaban singkat mengenai rumusan masalah yang ada.

Demikian panduan mengenai penyusunan makalah ekspor impor yang bisa Anda praktekkan sendiri. Semoga informasi ini bermanfaat dan membantu Anda yang sedang kebingungan membuat makalah.

Selanjutnya : Metode Penelitian Menurut Para Ahli
Sebelumnya: Mengenal Riwayat Sukarno Singkat
 

Artikel Menarik Lainnya

Komentar