Bagaimana Pelaksanaan Pemilu di Daerah


Pemilu tidak asing terdengar di telinga kita. Namun apa yang dimaksud dengan pemilu? Yang dimaksud dengan pemilu sendiri adalah pemilihan umum, pemilihan yang bersifat umum. Yang dipilih adalah orang-orang yang akan memimpin suatu masyarakat. Bagaimana pelaksanaan pemilu di daerah dan pelaksanaan pemilu di pusat, tentu saja tidak jauh berbeda.

Pemilu yang kita kenal adalah pemilu yang berlangsung setiap lima tahun sekali. Dan pemilu yang paling dekat adalah pemilu tahun 2014 kelak. Pemilu yang digunakan adalah menggunakan asas luber. Dari asas tersebut, setiap orang diberi kebebasan untuk memilih pemimpin masing-masing.

Pemilu yang seperti diketahui bersama, berlangsung di tiap-tiap daerah. Hal ini disebabkan karena masing-masing orang harus mencoblos pilihannya sendiri-sendiri. Sehingga jika tempat pemilihan suara terletak di kabupaten atau pun kecamatan, akan banyak orang yang tidak pergi untuk memilih dikarenakan letaknya terlalu jauh.

Oleh karena itu, tempat yang digunakan untuk pemilihan suara, atau yang disebut dengan TPS, dipilih tempat yang dekat per dusun. Sehingga memberi kemudahan bagi setiap orang untuk memilih.

Pelaksaan pemilu tersebut memang sudah diatur dan dipersiapkan sedini mungkin. Perlaksanaan pemilu tersebut dimulai dari pendataan siapa-siapa saja yang sudah meninggal dan siapa-siapa saja yang tahun 2014 kelak sudah mempunyai hak suara.

Setelah itu, dibuatkan undangan yang akan diberikan sebelum pemilu tiba. Dan setelah pemilu tiba, tanpa bukti tersebut digunakan untuk memilih atau pun mencoblos. Karena pemilihan tersebut berlangung di daerah, maka panitia yang menangani juga merupakan panitia daerah yang dipersiapan oleh desa setempat.

Bagaimana pelaksanaan pemilu di daerah, tergantung dengan kinerja dari panitia setempat. Apakah panitia bisa bekerja dengan keras dan penuh tanggung jawab ataukah tidak. Yang perlu diperhatikan, dalam pemilu tersebut sangat mungkin terjadi kekacauan yang diakibatkan oleh para pengganggu.

Oleh karena itu, dalam pemilu sangat penting dilakukan pengamanan agar pemilu dapat berlangsung damai serta aman. Yang tak kalah diperhatikan adalah kerukunan yang terus dibina dan terus ditingkatkan, jika calon yang dipilih kalah.

Selanjutnya : Kisah Petualangan Kartini Pendaki
Sebelumnya: Resep Koktail Buah Segar Buatan Sendiri
 

Artikel Menarik Lainnya

Komentar