Bagaimana Posisi Istri Di Dalam Rumah Tangga?


Bagaimana posisi istri di dalam rumah tangga? Keberadaan seorang istri dalam rumah tangga mempunyai peran yang cukup besar. Di samping berperan sebagai teman hidup sang suami, istri juga harus bisa mengasuh anak dengan baik.

Seorang istri bisa dibilang sebagai penyangga kehidupan berumah tangga. Istri yang baik adalah istri yang bisa mengurus suami dan anaknya dengan baik.

Seorang istri harus bisa membahagiakan suaminya. Sang suami pastinya akan bahagia karena mempunyai istri yang sangat pengertian. Kemudian, sebagai seorang istri juga dituntut menjadi guru yang baik. Guru bagi anaknya kelak.

Guru yang membimbing anaknya dalam menjalani kehidupan. Dengan kedua peran tersebut, tidak heran jika seorang istri dianggap sebagai wanita hebat. Seorang wanita yang bisa mengemban dua peran sekaligus. Berikut ini kewajiban istri.

1. Patuh kepada Suami

Seorang istri harus patuh kepada suami. Apapun yang diperintahkan oleh suami harus Anda jalankan dengan baik. Apalagi bila perintah sang suami terkait dengan Ibadah kepada Allah swt.

Namun, jika perintah sang suami melanggar dari aturan agama, jangan takut untuk menolaknya. Istri memang harus taat kepada suami. Hal ini dikarenakan, posisi suami dalam rumah tangga adalah sebagai pemimpin keluarga.

2. Mengerjakan Pekerjaan Rumah

Pada dasarnya, seorang istri perannya adalah sebagai seorang ibu rumah tangga. Semua urusan yang berhubungan dengan rumah merupakan tanggung jawab istri. Salah satunya adalah mengerjakan pekerjaan rumah.

Untuk itu, bagi seorang wanita seharusnya sudah harus membiasakan diri mengerjakan pekerjaan rumah sejak gadis. Hal ini dirasa sangat membantu Anda ketika menjadi seorang istri. Dengan demikian, pekerjaan rumah tidak dianggap sebagai tugas, tetapi sebagai kebiasaan (rutinitas).

Pekerjaan rumah yang harus dikerjakan seorang istri bukan hanya bersih-bersih, melainkan juga memasak. Untuk itu, seorang istri juga dituntut bisa memasak. Sang suami pastinya akan senang menyantap masakan istrinya sendiri, dibandingkan dengan masakan luar.

3. Menjaga Harta Suami

Dalam rumah tangga, kewajiban seorang suami adalah mencari nafkah untuk anak istri. Sementara itu, tugas sang istri adalah mengelola keuangan dengan baik.

Seorang istri harus bisa mengatur pengeluaran dan pemasukan dengan baik. Jangan sampai pengeluaran lebih besar dibandingkan dengan pemasukan.

Jadi, bagaimana posisi istri di dalam rumah tangga? Istri mempunyai posisi ganda. Selain sebagai teman hidup, juga berperan sebagai guru bagi anaknya.

Selanjutnya : Buat Tema dan Penjelasan Khutbah Jum’at di Bulan Ramadhan
Sebelumnya: Arti dari Bhinneka Tunggal Ika
 

Artikel Menarik Lainnya

Komentar