Bagaimana Proses Pembentukan Minyak Bumi


Setiap hari manusia membutuhkan minyak bumi. Tidak ada manusia yang tidak membutuhkan minyak bumi. Mungkin hanya orang yang tinggal di suku pedalaman yang tidak menggunakan bahan bakar dan tidak menggunakan segala teknologi yang tidak membutuhkan minyak bumi. Namun adalah yang tahu bagaimana proses pembentukan minyak bumi?

Proses pembentukan minyak bumi memerlukan waktu yang sangat lama. Waktu tersebut tidak dapat ditunggu karena mencapai ribuan tahun. Sehingga minyak bumi yang setiap hari digunakan tersebut, adalah karena proses yang terjadi ribuan hingga jutaan tahun yang lalu. Oleh karena itu, minyak bumi bukan sumber daya yang dapat diperbaharui, seperti halnya tanaman dan hewan.

Proses Pembentukn Minyak Bumi

Berikut ini akan diuraikan secara singkat mengenai proses pembentukannya. Mungkin saja kita mengira bahwa minyak berasal dari hewan-hewan purba yang hidup jutaan tahun lalu. Hewan purba yang hidup pada masa dahulu adalah dinosaurus beserta teman-temannya. Pernyataan tersebut tidak sepenuhnya benar namun juga tidak salah. Karena minyak bumi berasal dari teruraikannya senyawa organik. Kemudian dari mana senyawa organik tersebut berasal?

Senyawa organik berasal dari mikroorganisme yang telah mati jutaan tahun lalu. Semua mikroorganisme tersebut terletak di dasar laut atau pun di darat. Sehingga minyak bumi dapat ditemukan di dasar laut atau pun di daratan. Negara yang terkenal dengan hasil minyak bumi yang palibg banyak adalah negara Mesir. Dan di negera tersebut, minyak bumi ditemukan di daratan.

Berlanjut pada proses selanjutnya, setelah hewan dan tumbuhan tersebut menjadi jasad, kemudian melalui proses yang sangat lama akan tertimbun oleh berbagai macam senyawa atau pun bahan, seperti tertimbun pasir dan lumpur.

Setelah itu, proses endapan tersebut akan terjadi sangat lama, yakni selama ribuah hingga jutaan tahun. Apa yang terjadi? Jasad tersebut secara alami akan mendapatkan tekanan dari panas bumi. Maka terjadilah perombakan senyawa-senyawa yang ada dalam Smikroorganisme tersebut. setelah proses perombakan, kemudian terjadilah senyawa hidrokarbon. Maka pada akhirnya terbentuk minyak bumi. Itulah bagaimana proses pembentukan minyak bumi.

Selanjutnya : Beragam Perawatan Wajah ala Istri Nabi
Sebelumnya: Pembahasan Nama Panggilan yang Pas Buat Pacaran
 

Artikel Menarik Lainnya

Komentar