Bagian-bagian Jantung Manusia dan Fungsinya


Pernahkah terpikir oleh anda bagian-bagian jantung yang merupakan salah satu organ paling penting dalam tubuh kita ini? Jantung memang merupakan salah satu organ yang berperan penting dalam mengatur peredaran darah di tubuh kita.Lalu, apa sajakah bagain-bagian dari jantung itu dan apa fungsi dari bagian-bagian tersebut?

Letak jantung di dalam tubuh kita, ada di dalam rongga dada, tepatnya di sisi sebelah kiri. Jika dibandingkan letaknya dengan organ tubuh lain, maka, posisi jantung ini ada di antara paru-paru kanan dan kiri. Jantung diselubungi oleh selaput perikardium. Selaput ini memiliki dua lapisan. Lapisan pertama melekat erat pada jantung dan berfungsi untuk menjaga agar jantung tetap berada di tempatnya. Lapisan kedua lebih longgar dan berair yang berfungsi untuk menghindari jantung bergesek dengan organ lain.

Jantung terdiri atas empat ruangan, yaitu bilik kanan, serambi kanan, bilik kiri, dan serambi kiri. Bilik jantung, atau biasa disebut atrium jantung, adalah ruang atas jantung. Serambi jantung, atau biasa disebut ventrikel jantung, adalah ruang bawah jantung.

Jantung memiliki empat katup yang tugasnya adalah mencegah aliran balik darah dari suatu ruangan ke ruangan lain. Dengan cara inilah jantung dapat mempertahankan satu aliran darah saat proses peredaran darah berlangsung. Coba bayangkan jika yang terjadi tidak demikian; tidak ada pencegahan aliran balik darah.

Katup bikuspidalis, atau disebut juga katup mitral, adalah katup yang memisahkan bilik kiri dan serambi kiri. katup trikuspidalis adalah katup yang memisahkan bilik kanan dan serambi kanan. Sesuai namanya, katup bikuspidalis merupakan katup berdaun dua, sedangkan katup trikuspidalis merupakan katup berdaun tiga. Katup pulmonal adalah katup yang mencegah aliran balik darah serambi kanan ke paru-paru. Katup aorta adalah katup yang mencegah aliran balik darah dari serambi kiri ke aorta.

Setelah mengetahui bagian-bagian jantung tersebut, anda sadar akan pentingnya peran jantung bagi tubuh kita kan? Oleh karena itu jagalah jantung Anda baik-baik dengan cara makan makanan yang baik bagi jantung, rajin berolahraga, dan jangan pernah berpikiran untuk merokok.

Selanjutnya : Antara Ilmu Pengetahuan Populer dan Karya Ilmiah
Sebelumnya: Contoh Pembuatan Artikel Pendek
 

Artikel Menarik Lainnya

Komentar