Sekilas Bagian Bagian pada Motherboard

Mungkin ada yang pernah memikirkan apa saja sebenarnya isi dari bagian bagian pada motherboard yang terdapat di komputernya. Ya, komputer kini bukan lagi barang mewah, sehingga hampir semua rumah memilikinya, baik dalam bentuk personal computer alias PC atau komputer jinjing seperti notebook atau laptop maupun netbook yang bentuknya lebih kecil lagi.

Motherboard termasuk dalam jenis hardware atau perangkat keras yang letaknya di dalam CPU dan berfungsi untuk menghubungkan keseluruhan komponen yang berguna dalam membentuk sebuah komputer agar dapat berfungsi dengan baik. Bisa dianggap bahwa motherboard adalah otak atau pemikir komputer.

Sebuah komputer memang memerlukan beberapa komponen hardware untuk bisa membantunya memproses segala informasi dan bekerja dengan baik. Misalnya monitor, mouse, keyboard, CPU, dan lainnya.

Ada banyak bagian yang biasanya kita lihat dalam sebuah motherboard atau MB, antara lain chipset, socket atau slots CPU, BIOS chip, CMOS battery, slot memory, slot VGA, slot expansion (untuk sound card, LAN card, dll), juga storage drive connector. Biasanya ada pula port lain yang fungsinya cukup esensial bagi kinerja komputer tersebut.

Masing-masing bagian tersebut tentunya memiliki fungsi sendiri, yang sudah pasti penting bagi sistem kerja si komputer. Bila satu bagian saja tak ada atau rusak, maka sedikit banyak bisa memengaruhi kinerja komputer. Sama seperti bila ada satu bagian otak yang rusak, maka berpengaruh pada kinerja tubuh manusia.

Prosesor yang memiliki pengaruh cukup besar dan sempat menguasai pasar PC di dunia adalah Intel. Banyak produsen motherboard yang menggunakan rancangan dan chipset Intel sebagai bagian dari produk mereka.

Namun, sejak tahun awal 2000, beberapa industri penghasil chipset, seperti AMD dan Athlon mampu membuat prosesor dengan kualitas tak kalah dari Intel. Ini membuat teknologi serta desain motherboard jadi lebih bervariasi.

Bagi Anda yang bergiat di bidang perbaikan atau pemprograman komputer, maka pastinya bagian bagian pada motherboard berikut fungsinya telah Anda kuasai dengan sangat lihai. Namun, untuk pemula mempelajari hal ini termasuk bagian dari ilmu dasar yang harus Anda ketahui.

Selanjutnya : Tempat-Tempat Jual Funitur Hotel di Bandung Berbahan Dasar Jati
Sebelumnya: Dampak Dari Penyakit Insomnia
 

Artikel Menarik Lainnya

Komentar

loading