Bagian Organ yang Melakukan Proses Pencernaan Mekanik


Pencernaan merupakan proses mengubah makanan yang dari tadinya berbentuk besar atau kasar menjadi halus. Pada manusaia terdapat dua proses pencernaan makanan. Yakni proses pencernaan  kimiawi dan proses pencernaan mekanik. Organ yang melakukan proses pencernaan mekanik lebih banyak di lakukan di daerah rongga mulut. Sedangkan pencernaan kimiawi dilakukan oleh enzim-enzim yang ada di mulut tenggorokan, usus hati dan alat pencernaan lainnya.

Proses pencernaan pada awalnya pasti pencernaan mekanik, karena setiap makanan yang akan masuk pasti melewati mulut. Mulut inilah yang pertama menghaluskan makanan.yang melakukannya adalah lidah dan gigi. Untuk proses mekanik ini sangat dibutuhkan gigi yang kuat untuk menghaluskan makanan dari mulai yang keras hingga makanan yang lembek.

Bagian dan Fungsi Gigi

Bagian-bagian gigi manusia terdapat tiga bagian. Pertama ada yang disebut dengan gigi seri. Gigi seri ini fungsinya untuk memotong makanan. Makanan yang keras bisa di cerna melalui gigi seri terlebih dahulu untuk di bagi menjadi bagian-bagian kecil. Selanjutnya gigi taring, bagian gigi yang kedua ini berfungsi untuk merobek makanan. Setelah dipotong lalu giliran gigi seri yang akan merobeknya hingga kecil untuk memudahkan pencernaan.

Satu lagi bagian gigi yang ketiga yaitu gigi graham. Gigi graham ini bentuknya rata dan besar. Fungsinya untuk mengunyah makanan yang telah di porong dan dirobek oleh gigi seri dan gigi taring. Dengan fungsi tersebut maka gigi merupakan salah satu organ yang melakukan proses pencernaan mekanik.

Jenis Gigi

Pada orang dewasa dan anak-anak jumlah gigi yang tumbuh sangatlah berbeda. Sewaktu anak-anak giginya hanya 20 buah. Yang duapuluh buah tersebut terbagi kedalam 4 gigi taring, 8 gigi seri serta 8 gigi geraham. Sedangkan orang dewasa mempunyai gigi sebanyak 32 buah. Perbedaannya ada pada jumlah gigi graham, jumlah gigi graham yang tumbuh sebanyak 20 gigi geraham.

Selain gigi pencernaan mekanik dalam mulutpun di bantu oleh lidah. Rasa pahit, manis, asam, asin dapat di kecap oleh lidah. Fungsi lidah ini sangat membantu untuk proses menelan dan mencampur makanan di dalam mulut. Dengan adanya lidah dan air liur dalam menelan makanan kita akan dipermudah dengan adanya lidah tersebut.

Organ yang melakukan proses pencernaan mekanik ini sebagai langkah awal untuk memudahkan organ-organ selanjutnya dalam mencerna makanan. Maka dengan itu kalau kita mengunyah makanan haruslah sampai halus.

Dengan itu organ lainnya bisa bekerja dengan porsinya masing-masing. Kalau makanan keras sudah lewat dari pencernaan mekanik akan sangat susah dan memberatkan organ lainnya.

Selanjutnya : Tips Aman Main Futsal
Sebelumnya: Anjing Pemburu Paling Mahal di Dunia
 

Artikel Menarik Lainnya

Komentar