Mengenal Bagian Processor dan Fungsinya


Komputer adalah perangkat teknologi yang tidak dapat dipisahkan dari kehidupan masyarakat modern. Hampir semua menggunakan komputer untuk berbagai kepentingan, mulai dari yang sangat serius hingga yang sekadar mencari penghiburan. Komputer sendiri terdiri atas banyak komponen. Salah satunya adalah processor. Processor merupakan bagian sangat penting dari komputer. Namun, tidak semua pengguna komputer memiliki pemahaman yang baik mengenai bagian processor dan fungsinya, terutama mereka yang bukan berasal dari kalangan IT.

Processor merupakan bagian yang sangat penting dari komputer karena fungsinya sebagai pengendali atau pengontrol keseluruhan jalannya sistem komputer pada saat bekerja melakukan pemprosesan data. Dengan fungsinya sebagai pusat sistem komputer ini, processor kerap kali disebut sebagai otak setral komputer.

Sebenarnya prosessor inilah yang paling tepat disebut Central Processing Unit (CPU). Namun, saat ini istilah CPU telah mengalami pergeseran makna di kalangan pengguna komputer yang awam. CPU yang semula adalah processor disamakan artinya dengan casing, tempat bermacam perangkat keras ditempatkan, seperti motherboad, VGA, RAM, harddisk, dan mikroprocessor (processor).

Processor terletak pada socket (tempat dudukan prosesor) pada motherboard. Perangkat keras ini berbentuk chip dan terdiri atas ribuan hingga jutaan IC (integrated circuit). Processor pada sebuah komputer dapat diganti dengan processor yang lain, tetapi harus sesuai dengan socket yang terdapat pada motherboard. Processor terdiri atas beberapa bagian berikut ini.

a.  Unit kontrol

Merupakan unit utama dari sebuah prosessor. Bagian ini berfungsi untuk melakukan pengaturan terhadap program-program komputer.

b.  Register

Merupakan tempat penimpanan data sementara yang sedang diproses. Alat penyimpanan kecil ini memiliki kecepatan akses yang sangat tinggi.

c.  ALU (Arithmetic Logic Unit)

Merupakan bagian atau unit dari processor yang fungsinya adalah melakukan perhitungan atas data-data dalam bentuk bilangan. Fungsi lain dari ALU adalah membuat keputusan logis berdasarkan perhitungan yang telah dilakukan tersebut.

d.  CPU interconenction (BUS)

Merupakan sistem koneksi yang menghubungkan komponen-komponen di dalam internal CPU, yaitu unit kontrol, register, dan ALU. Unit ini juga menghubungkan komponen-komponen eksternal CPU dengan sistem lainnya, seperti piranti masukan  atau keluaran dan memori utama.

Itulah penjelasan mengenai bagian processor dan fungsinya. Perangkat keras yang ukurannya tidaklah terlalu besar ini, ternyata memiliki fungsi yang luar biasa besar bagi jalanya sistem komputer secara keseluruhan.

Selanjutnya : Cara Mudah Meringkas Novel Terjemahan
Sebelumnya: Bagian Lidah untuk Mengecap Rasa Manis
 

Artikel Menarik Lainnya

Komentar