Bagian Sel pada Tumbuhan


Sel tumbuhan adalah bagian paling kecil dari tiap organ tumbuhan.Bagian sel pada tumbuhan berbeda dengan bagian sel pada makhluk hidup lainnya, seperti manusia maupun binatang. Setiap bagian sel mempunyai tugas atau fungsi masing-masing yang berbeda.

Karena ukurannya yang sangat kecil, mata manusia tidak bisa melihat sel dengan mata telanjang secara langsung. Untuk bisa melihat dan mempelajarinya, diperlukan sebuah mikroskop. Jika diamati dengan teliti di bawah mikroskop, akan tampak bagian-bagian yang membangun sebuah sel. Bagian-bagian tersebut di antaranya adalah membran sel, dinding sel,  sitoplasma, vakuola, serta mitokondria.

Membran Sel

Membran sel merupakan bagian paling luar pada sebuah sel tumbuhan. Bagian ini bertugas untuk mengatur masuk atau keluarnya suatu zat di dalam sel. Membran sel dibangun atas fosfolofid dan lipoprotein.

Dinding Sel

Lapisan dinding sel terletak tepat di bawah membran sel. Dinding sel ini terbentuk dari selulosa. Pada bagian dalam dinding sel terdapat tiga bagian berupa dinding sel primer, dinding sel sekunder, dan lamela tengah. Dinding sel bertugas untuk melindungi dan menguatkan sel.

Sitoplasma

Sitoplasma merupakan bagian dari sel tumbuhan yang bersifat koloid, yaitu tidak padat dan tidak cair. Bagian ini terdapat di dalam sel, tetapi tidak ditemui, baik pada inti sel maupun organel sel. Sitoplasma memiliki peran sebagai tempat terjadinya proses metabolisme tumbuhan.

Vakuola

Vakuola merupakan bagian dari sel tumbuhan yang berbentuk rongga besar berisi semacam cairan. Cairan vakuola ini mengandung berbagai jenis bahan organik maupun anorganik. Cairan ini merupakan hasil sampingan dari proses metabolisme yang berfungsi sebagai makanan cadangan bagi tumbuhan. Pada bagian dalam vakuola, terdapat semacam selaput yang menyelubungi vakuola yang dinamai tonoplas.

Mitokondria

Bagian sel pada tumbuhan juga terdapat bagian yang bernama mitokondria. Bagian inilah yang memiliki peran menghasilkan energi bagi sel. Mitokondria memiliki dua lapisan membran, yaitu membran dalam dan membran luar. Lapisan membran bagian dalam mempunyai bentuk melekuk-lekuk. Bagian ini sering disebut juga sebagai kista. Sedangkan lapisan membran bagian dalam mempunyai permukaan yang halus. Pada mitokondria inilah sel melakukan respirasi untuk menghasilkan energi yang dibutuhkan.

Ribosom

Bagian lain yang dapat dijumpai pada sel tumbuhan adalah ribosom. Pada bagian inilah terjadi sintesis protein. Ribosom tersusun atas RNA ribosom dan protein.

Demikian informasi mengenai bagian sel pada tumbuhan. Semoga uraian tersebut bermanfaat dan menambah pengetahuan Anda mengenai bagian-bagian sel tumbuhan.

Selanjutnya : Bahasa di Kota Indramayu
Sebelumnya: Bagaimanakah Membuat Sebuah Studi Kelayakan ?
 

Artikel Menarik Lainnya

Komentar