Bahan Bahan Membuat Getah untuk Menjebak Burung Kecil


Bahan bahan membuat getah untuk menjebak burung harus diketahui bagi penangkap burung atau yang ingin melakukannya. Ada banyak cara untuk menangkap burung, salah satunya menggunakan pulut atau getah.

Agar kita berhasil menjebak, lebih dulu dipersiapkan bahan-bahan yang diperlukan untuk membuat getah.

Getah yang dimaksud di sini bukan getah biasa seperti yang dijumpai pada getah pisang, getahnya haruslah yang pekat dan lengket seperti getah nangka yang sudah matang. Meskipun getah adalah bahan utama, ada bahan dan alat lain yang diperlukan.

1. Bambu atau Kayu

Bahan ini yang digunakan untuk menempelkan getah agar nanti ketika kaki burung hinggap di kayu yang sudah dilapisi getah, kakinya menempel  erat. Jika sudah begini, artinya burung sudah masuk dalam jebakan.

2. Umpan

Nah, agar burung bisa hinggap di bamboo tersebut, tentu diperlukan umpan untuk memancingnya datang dan hinggap di batang bambu. Umpan yang biasa digunakan adalah makanan burung seperti padi, jangkrik, kroto, dan ulat. Pokoknya makanan yang sekiranya disukai burung.

Setelah dua hal tersebut dipersiapkan, selanjutnya adalah melakukan survey tempat penjebakan. Sebelum menjebak, harus lebih dulu mengamati daerahnya. Cobalah cari yang memang ada banyak burung kecil di sana.

Mengapa harus burung kecil? Karena pada burung besar, biasanya getah atau pulut yang dipasang tidak akan mempan untuk menjebak. Burung besar memiliki kaki yang kuat dan akan mudah melepaskan diri dari jebakan, berbeda dengan burung kecil yang tenaganya tidak besar.

Setelah menemukan daerah yang terdapat cukup banyak burung kecil, selanjutnya memasang bambu yang sudah diberikan getah di pohon yang agak tinggi seperti pohon mangga dan rambutan.

Bambu tersebut harus diikat kuat dengan batang pohon agar tidak jatuh saat ada burung yang hinggap. Setelah itu letakkan umpat di depat jebakan tadi. Logikanya burung akan bertengger di bambu untuk bisa memakan umpan.

Jika sudah, tunggu hingga ada burung yang hinggap. Pada saat menunggu, kita boleh meninggalkan jebakannya dan memasang jebakan di tempat lain.

Tapi jangan terlalu lama ditinggal karena tingkat kerekatan jebakan bisa berkurang jika terlalu lama dan burung yang sudah dalam jebakan bisa lepas.

Jika sudah ada burung yang terkena jebakan dan terlihat kesusahan melepaskan diri dari jebakan, maka itu saat yang tepat untuk mengambil burung tersebut.

Itulah mengapa sebelum membuat jebakan, seseorang harus paham betul bahan bahan membuat getah untuk menjebak burung.

Selanjutnya : Cerita Rama dan Sinta Bahasa Jawa
Sebelumnya: Kancil, Ikon Cerita Pendek Fabel Indonesia
 

Artikel Menarik Lainnya

Komentar