Apa Bahan Bakar Honda Civic?

Bahan bakar Honda Civic ini secara umum sama dengan kendaraan atau mobil lain, yakni bensin atau solar. Perbedaan jenis bahan bakar ini biasanya tergantung oleh jenis mesin yang digunakan. Secara umum, mobil yang beredar di pasaran ini terdapat dua jenis mesin yang digunakan, yakni mesin bensin dan mesin Diesel.

Mesin bensin mengkonsumsi bahan bakar berupa bensin atau pertamax. Sedangkan mesin tipe Diesel ini mengkonsumsi bahan bakar jenis solar. Begitu juga dengan mobil Honda Civic ini tersedia dalam dua jenis mesin, yakni bensin dan solar.

Loading...

Sayangnya, mobil Honda Civic yang menggunakan mesin solar ini jarang atau tidak masuk pasar Indonesia. Sehingga jika mencari mobil bekas Honda Civic yang menggunakan mesin Diesel di Indonesia ini agak susah, bahkan hampir mustahil ditemukan. Apa sebenarnya perbedaan antara mesin Diesel dan bensin ini? Berikut ini pembahasannya.

Mesin Bensin vs Diesel

Apa bahan bakar Honda Civic ini ditentukan mesin yang digunakan, yakni mesin bensin atau Diesel. Kedua jenis mesin ini memiliki karakteristik yang berbeda-beda. Mesin solar atau Diesel misalnya, ia memiliki torsi yang cukup besar dan cocok digunakan untuk kendaraan pengangkut atau offroad.

Selain itu, mesin Diesel terkenal lebih bandel ketimbang mesin bensin jika dirawat dengan benar. Meski memiliki banyak kelebihan, mesin yang mengkonsumsi bahan bakar solar ini juga memiliki sejumlah kekurangan. Kekurangan mesin solar ini adalah gas buang yang lebih pekat, mesin yang lebih berisik, dan akselerasi yang kurang mantap jika dibandingkan mesin bensin.

Mesin bensin sendiri juga memiliki kelebihan, yakni akselerasi yang cepat, gas buang yang lebih ramah lingkungan, dan suara mesin yang lebih halus. Sedangkan kekurangan mesin bensin sendiri adalah kadang mengharuskan bahan bakar dengan oktan tinggi yang harganya lebih mahal. Selain itu, untuk perjalanan jarak jauh, konsumsi bahan bakar mesin bensin ini lebih boros dari mesin solar.

Pilih Honda Civic Bensin

Jika mempertimbangkan bahan bakar yang dikonsumsi oleh Honda Civic, maka jelas bahwa pilihan yang harus dipilih adalah Honda Civic mesin bensin karena di Indonesia sulit ditemui Honda Civic dengan mesin solar atau Diesel. Seperti kebanyakan mobil sedan yang beredar di Indonesia, mobil Honda Civic ini menawarkan CC yang lebih kecil dari mesin Diesel. Saat membeli Honda Civic bekas, perhatikan juga konsumsi bahan bakar mobil tersebut. Sampai di sini dulu pembahasan mengenai bahan bakar Honda Civic, semoga bermanfaat.

Loading...
Selanjutnya : Bahan Bakar untuk Kawasaki Ninja 150 R
Sebelumnya: Bagian-bagian dari Kamera Canon 450D
 

Artikel Menarik Lainnya

Komentar