Proses Pengolahan Bahan Baku Benang Wol


Bagi yang menyukai seni rajut-merajut, jenis benang wol bukanlah hal yang asing dilihat dan didengar. Benang dengan tekstur tebal, berbulu, dan lembut ini ini sering kali dijadikan bahan untuk membuat aksesoris, mainan, hingga pakaian. Biasanya, dijual dalam bentuk lilitan bulat seperti bola. Namun siapa sangka bila bahan baku benang wol ini sebenarnya tidak sama dari bahan baku pembuatan benang pada umumnya. Ya, bahan baku pembuatan benang wol sesungguhnya berasal dari bulu domba. Berikut ulasan singkatnya.

Domba adalah salah satu hewan yang paling mampu melawan dinginnya temperatur udara. Ini disebabkan karena bulu domba yang tebal, lembut, dan mampu menyerap air dengan mudah. Setiap domba memiliki kualitas bulunya sendiri-sendiri. Domba yang berbulu agak panjang sebenarnya lebih mudah rontok dan sangat mudah putus bila diolah menjadi benang. Oleh karena itu banyak pengrajin benang yang lebih memilih bulu domba yang lebih pendek, tebal, dan menggumpal.

Proses pembuatan benang wol dilakukan dengan cara menyiapkan alat dan bahan-bahan pengolahan yang terbilang sederhana seperti, wadah/ember berukuran cukup besar, alat pengaduk yang terbuat dari kayu, alat pemintal, tempat menjemur, bulu domba, deterjen untuk membersihkan bulu domba, desifektan untuk membunuh kuman, dan zat pewarna. Setelah persiapan dilakukan, maka proses pembuatannya dilakukan dalam tahap-tahap seperti ini:

•  Tahap pertama adalah membentang bulu domba dan dilakukan pemisahan bagian yang halus dengan bagian yang kasar. Lalu rendam bulu dalam deterjen untuk melepas kotoran yang tersisa selama 15 menit. Setelah itu rendam dengan desifektan agar bulu benar-benar bebas kuman. Jemur bulu selama dua hari agar benar-benar kering.

•  Langkah kedua adalah menyortir bagian-bagian bulu yang sudah dipisahkan pada tahap pertama. Lalu dilakukan proses penyisiran agar bulu tidak menggumpal.

•  Langkah ketiga adalah memintal bulu-bulu yang teksturnya paling kuat (tidak mudah putus) menjadi benang.

•  Langkah keempat adalah memberi pewarnaan pada benang wol yang telah jadi sesuai warna yang diinginkan.

Demikian proses pengolahan bahan baku benang wol. Semoga benang wol semakin dapat dimanfaatkan untuk menghasilkan sesuatu yang berguna.

Selanjutnya : Tip dan Trik Cara Menggunakan Photoshop Express
Sebelumnya: Apa Sajakah Tips Semangat Pergi ke Sekolah dan Belajar?
 

Artikel Menarik Lainnya

Komentar