Jenis-Jenis Bahan Pewarna Kue Alami

Bahan pewarna kue biasanya digunakan agar kue-kue atau makanan terlihat menjadi lebih menarik, sehingga diharapkan bisa mengundang selera siapapun yang melihat untuk menyantapnya. Namun dari keindahan kue-kue yang ditawarkan. ada beberapa hal yang harus diwaspadai dan diketahui perbedaan antara bahan pewarna kimia dan alami yaitu: 

Bahan Pewarna Alami

Terdapat dua jenis bahan pewarna kue atau makanan, yaitu bahan pewarna yang menggunakan bahan kimia dan yang berbahan alami. Yang dimaksud dengan bahan pewarna alami adalah pewarna yang bahannya diambil dari tumbuh-tumbuhan . Beberapa bahan pewarna alami yang bisa digunakan sebagai pewarna kue dan makanan adalah:

  1. Buah kakao, merupakan penghasil coklat dan dapar memberikan warna coklat., digunakan untuk pewarna pada susu coklat, es krim dan kue-kue kering lainnya.
  2. Daun Suji, adalah daun yang memiliki kandungan zat warna klorofil sehingga bisa memberikan warna hijau, biasanya digunakan pada kue bika ambon, kue kering, kue pisang, dsb.
  3. Gula merah, selain digunakan sebagai pemanis bisa juga digunakan untuk menghasilkan warna coklat, misalnya untuk memberikan warna coklat pada dodol, bubur dsb.
  4. Kunyit, mengandung zar warna kurkumin dan bisa memberikan warna kuning. Misalnya digunakan untuk membuat nasi kuning, bumbu, dsb. Selain bisa dijadikan bahan pewarna alami, kunyit berguna juga untuk mengawetkan makanan.
  5. Cabai merah, bisa menghasilkan warna merah alami pada makanan, dengan rasa khasnya yang pedas biasanya digunakan untuk membuat rendang, sambal, sambal goreng kentang, tumis, dsb.

Selain tumbuh-tumbuhan, bahan pewarna alami bisa diambil dari buah-buahan seperti jeruk digunakan untuk warna kuning, strawberry untuk warna merah, anggur untuk warna ungu, tomat untuk warna orange. Terdapat beberapa kekurangan pada bahan pewarna kue alami yaitu memerlukan bahan pewarna yang banyak, kadang-kadang warna yang dihasilkan menjadi kurang stabil dan ada beberapa bahan yang mengeluarkan aroma yang kurang nyaman.

Namun, walaupun demikian kelebihan dari bahan pewarna kue alami adalah tidak berbahaya dan lebih aman dikonsumsi dibandingkan dengan bahan pewarna yang terbuat dari bahan-bahan kimia.

Selanjutnya : Mengenang Acara Uka-Uka di TPI
Sebelumnya: Cara Beli Tanah
 

Artikel Menarik Lainnya

Komentar

Loading...