Bahan untuk Membuat Bedak Dingin


Bahan untuk membuat bedak dingin.Setiap wanita selalu ingin terlihat cantik, berapa pun usianya.  Sebiji jerawat saja di wajah akan menjadi masalah yang sangat serius bagi wanita. Berbagai cara ditempuh agar anugerah Tuhan yang bernama kecantikan itu tidak pudar. Kaum hawa tak akan segan-segan menguras isi dompet untuk mendapatkan penampilan terbaik.

Wajah merupakan bagian tubuh yang menjadi fokus perhatian wanita.  Kulit wajah yang kenyal, putih, berseri dan tanpa jerawat menjadi dambaan setiap wanita. Modernisasi telah merambah segala bidang termasuk halnya dengan industri kecantikan ini.

Klinik-klinik perawatan kecantikan dengan teknologi terbaik berlomba-lomba hadir untuk memenuhi kebutuhan kaum hawa, meskipun sebenarnya ada produk-produk tradisional yang juga berkhasiat secara nyata untuk kecantikan.

Bedak dingin salah satu contohnya. Bahan untuk membuat bedak dingin pada umumnya merupakan bahan-bahan yang mempunyai kandungan alami, murah dan mudah ditemukan dalam kehidupan sehari-hari.

Bedak dingin merupakan ramuan tradisional leluhur yang berasal dari Banjar, Kalimantan.  Budaya penggunaan bedak dingin diwariskan secara turun temurun.

Manfaat Bedak Dingin

Bahan utamanya adalah beras yang mengandung vitamin B dan tiamin.  Komposisi bahan lainnya yang digunakan sebagai campuran akan menentukan manfaat bedak dingin tersebut, diantaranya adalah :

  • Bedak Jeruk Sari

Berfungsi untuk anti penuaaan dini serta melindungi kulit wajah dari pengaruh buruk paparan sinar matahari dan polusi.  Kulit wajah akan cerah, terbebas dari noda hitam dan tidak mudah keriput.

Bedak dengan campuran dengan air mawar dan sari pinang muda yang mengandung asam galat dan berfungsi sebagai tabir surya serta polifenol sebagai antioksidan.

  • Bedak Jerawat

Bedak dengan penambahan temulawak, pegagan dan daun ketepeng.  Temulawak untuk membasmi bakteri dan mengurangi jerawat batu.  Pegagan untuk anti selulit dan melancarkan peredaran darah perifer, sedangkan daun ketepeng untuk menyembuhkan luka karena kuman atau jamur.

  • Bedak Campuran Jeruk Peras

Kandungan vitamin C dalam perasan jeruk berfungsi untuk mencerahkan kulit, melembabkan, mengenyalkan dan mengurangi kadar minyak yang berlebih di wajah.

  • Bedak Campuran Kasturi/Biji Waron

Berfungsi sebagai obat biang keringat, mengurangi peradangan, menghaluskan kulit dan meredakan ruam.

Pemakaiannya dengan membersihkan wajah terlebih dahulu. Bahan untuk membuat bedak dingin yang dalam pengolahannya dibentuk menjadi butiran itu lalu dilumatkan di telapak tangan dengan air dan dioleskan di wajah serta leher sampai mengering,  Pemakaian secara teratur bisa membuat kulit wajah sehat.

Selanjutnya : Cara Membuat AD/ART
Sebelumnya: Bagaimana Cara Mendapat Bibit Jamur Merang?
 

Artikel Menarik Lainnya

Komentar