Kenali Bahaya Merokok di Tempat Umum

Bahaya merokok di tempat umum bisa berakibat buruk bukan hanya pada perokok aktif atau orang yang menghisap rokok, namun juga bisa berdampak berbahaya bagi orang-orang yang berada di sekitarnya, perokok pasif.

Bahaya Merokok

Banyak penelitian yang menyebutkan rokok bisa menyebabkan timbulnya penyakit, seperti gangguan pada darah, gangguan pada jantung dan paru-paru, bisa menyebabkan kanker, gangguan kehamilan, dan masih banyak penyakit yang di sebabkan oleh rokok.

Namun pada kenyataannya, para perokok aktif susah menghentikan kebiasaannya. Sebuah penelitian menemukan bahaya asap rokok bagi orang-orang yang menghisapnya, walaupun orang itu bukan perokok aktif, akibat asap rokok yang dihirupnya bisa menimbulkan penyakit.

Asap rokok sangat berbahaya. Hal ini dikarenakan mengandung gas sebesar 85%, nikotin, nitrogen oksida, gas karbonmonoksida, amoniak, asetilen, hydrogen sianida, akrolein, dan masih banyak zat lainnya yang berbahaya.

Adanya peraturan yang melarang merokok di tempat umum tidak sepenuhnya dijalankan. Hal ini karena kurangnya kesadaran akan bahayanya rokok terutama bagi perokok pasif.

Bahkan naiknya harga rokok pun tidak mengurangi jumlah perokok aktif. Beberapa upaya pencegahan yang dilakukan untuk mengurangi bahaya rokok salah satunya adalah membuatkan ruangan khusus untuk merokok.

Pembuatan ruangan khusus tersebut dikarenakan keinginan merokok bagi banyak orang adalah sesuatu yang sulit dihilangkan. Untuk itu, di beberapa tempat harus disediakan ruangan khusus untuk merokok.

Selain itu kurang sadarnya perokok aktif terhadap lingkungan sekitar pun sulit diatasi. Seharusnya ada inisiatif tersendiri dari para perokok untuk mengetahui tempat dan sebisa mungkin tidak merugikan sekitar.

Di beberapa negara cara seperti ini terbukti mengurangi jumlah orang yang merokok di tempat-tempat umum. Misalnya di Jepang yang memberlakukan peraturan ini, jika ada yang melanggar maka akan dikenakan hukuman atau sanksi berupa denda.

Cara-cara penanggulangan dan penurunan jumlah perokok harus dilakukan dengan cara yang sistematis dan kontinu. Bisa dengan mengadakan program penyuluhan dan memberlakukan kawasan bebas dari rokok dan memberlakukan dengan tegas undang-udang yang mengatur mengenai masalah rokok.

Dengan begitu permasalahan bahaya merokok di tempat umum sudah tidak akan menjadi permasalahan dan pembahasan karena semakin berkurangnya orang-orang yang merokok di tempat umum. Hindari kebiasaan merokok.

Selanjutnya : Membuat Opini Dalam Makalah Tentang Pariwisata Di Indonesia
Sebelumnya: Artikel Fungsi Larutan Penyangga dalam Kehidupan Sehari-hari
 

Artikel Menarik Lainnya

Komentar

//adsnya disini