Bahaya Narkoba bagi Anak Sekolah


Bahaya narkoba bagi anak sekolah menjadi pembahasan penting di dunia pendidikan. Apalagi peran generasi penerus bangsa ini sangat besar, bukan hanya terbatas pada kesuksesan di bidang pembangunan tetapi di segala bidang kehidupan. Pada ulasan kali ini akan kita ketahui bersama mengenai apa sebenarnya narkoba itu serta hal lain yang berhubungan dengannya, termasuk bahayanya.

Narkoba

Narkoba singkatan dari narkotika dan obat berbahaya sejenisnya. Masyarakat sering menyebutnya dengan nafzah (narkotika, psitroppika, zat adaktif). Dalam bahasa asalnya, Yunani, istilah narkoba dinamakan candu atau opium. Meski pendapat dari beberapa ahli kesehatan, narkoba memiliki manfaat, tapi pada faktanya banyak disalahgunakan hingga merusak organ tubuh, seperti otak dan jantung.

Awalnya obat sejenis ini muncul sebelum masehi ketika masyarakat Mesopotamia membudidayakan tanaman yang mampu mengurangi rasa nyeri sakit (tanaman Ipoppy). Hingga akhirnya disebarluaskan ke berbagai negara termasuk India, China, hingga Indonesia. Semakin berkembangnya pengetahuan dan kemajuan teknologi, tahun 1803 Friendrier Wilhelim Sentuner melakukan penambahan efek narkotika di dalamnya hingga dikenal sebagai morpin.

Jenis narkoba pun beragam dan yang berbahaya bagi organ tubuh ketika disalahgunakan. Zat adaktif yang merupakan hasil olahan dapat mengakibatkan orang yang meminumnya kecanduan.  Adapun jenis zat adaktif yang dimaksud yaitu alkohol serta inhalasia.

Bahaya dan Penanganan Pecandu Narkoba

Adanya penyalahgunaan obat ini, maka wajar saja jika menimbulkan beragam bahaya, antara lain kerusakan organ tubuh seperti otak yang menjadi pusat koordinasi manusia, jantung maupun paru-paru. Penampakan fisik para pemakai obat ini tampak tidak fresh (sakit, lesu, pucat), terlebih lagi yang menjadi pecandu berat narkoba, serta merusak mental manusia.

Ketika anak sekolah memakai narkoba atau bahkan sudah kecanduan, seharusnya segera diberikan penanganan tersendiri agar ia terselamatkan secara fisik maupun mental (emosi). Beberapa upaya yang dapat dijadikan langkah penanganan di antaranya detoksifikasi oploid cepat dengan anestesi (DOCA). Orangtua maupun masyarakat terus memberikan dukungan positif dan kontinyu, serta yang paling utama adalah mengajak mereka untuk selalu meningkatkan keimanan serta ketakwaannya kepada Tuhan Yang Maha Esa sebagai Pencipta dan Pengatur alam semesta ini.

Masa depan mereka masih panjang dan berikan dukungan agar mereka terus maju dalam menapaki kehidupan ini. Semoga ulasan mengenai bahaya narkoba bagi anak sekolah ini memberikan gambaran bagi kita untuk berhati-hati dan menjaga mereka.

Selanjutnya : Mengenalkan Puisi Tema Alam untuk Anak
Sebelumnya: Puisi Pelipur Lara
 

Artikel Menarik Lainnya

Komentar