Bahaya Narkoba Bagi Remaja


Bahaya narkoba sudah menjadi kampanye nasional sejak dulu. Narkoba atau obat-obatan terlarang ini adalah suatu zat kimia yang memiliki pengaruh buruk jika dikonsumsi di luar prosedur yang seharusnya dilakukan.

Oleh karena itulah maka dikenal sebagai obat yang terlarang karena memang penggunaannya di luar dari apa yang seharusnya dilakukan oleh medis.

Saat ini, narkoba begitu marak untuk dikonsumsi banyak kalangan, termasuk juga adalah di kalangan remaja. Kita harus tahu bagaimana bahaya dari narkoba bagi kalangan remaja. Berikut adalah beberapa bahaya dalam pengonsumsi narkoba oleh kalangan remaja.

1.    Secara kesehatan, pengonsumsian narkoba yang tak sesuai dengan prosedur yang seharusnya akan memberikan dampak yang merusak kesehatan.

Sel saraf tubuh akan mengalami penurunan daya dan kemampuan. Inilah yang kemudian akan membuat para pengonsumsi narkoba menjadi lebih cepat merasa lelah, tidak dapat berkosentrasi dengan optimal dan jantung sering merasa berdebar-debar. Kemudian pada tingkat yang lebih parah dari mereka akan mengalami kerusakan otak dan juga jantung.

2.    Secara psikologis, para pengonsumsi narkoba menunjukan pengaruh yang tak sama dengan orang normal lain. Mereka akan cenderung lebih suka untuk menyendiri, hanya akan bergaul dan berkumpul dengan para sesama pengonsumsi narkoba. Mereka juga akan terlihat kurang percaya diri dan akan melakukan hal lain yang di luar nilai dan norma yang berlaku di masyarakat.

3.    Para pengonsumsi narkoba juga akan lebih mudah untuk melakukan tindak kriminalitas dalam mendukung kebiasaan yang dilakukan.

Misalnya untuk membeli narkoba ternyata ia sedang tidak memiliki uang maka, ia akan mampu untuk melakukan hal apapun untuk  mendapatkan uang guna membeli narkoba ini. Kemungkinaan melakukan tindakan pencurian atau perampokan adalah hal yang sangat mungkin untuk dilakukan.

4.    Di sisi pelajar, kebiasaan mengonsumsi narkoba akan sangat berpengaruh pada kegiatan pembelajaran yang dilakukan. Ia akan lebih sulit untuk berkosentrasi pada pelajaran yang diberikan oleh guru di dalam kelas. Inilah yang dapat membuat para pengonsumsi narkoba dari kalangan remaja akan mengalami penurunan dalam hal akademis.

Melihat bagaimana bahaya narkoba untuk kalangan remaja maka, kita harus sedapat mungkin untuk menghindarkan remaja kita dari jerat narkoba.

Selanjutnya : Cara Membuat Antena Yagi pada 2 Meter
Sebelumnya: Ciri-ciri Mollusca Biologi Kelas 10
 

Artikel Menarik Lainnya

Komentar