Bahaya Penyakit Ginjal


Bahaya penyakit ginjal adalah gagal ginjal,  yaitu organ ini tak lagi berfungsi sama sekali sehingga pasien gagal ginjal harus rutin cuci darah seumur hidup. Padahal biaya cuci darah cukup mahal dan menguras harta.  Pilihan lain penyembuhan gagal ginjal adalah transplantasi, yakni mencangkok ginjal sehat dari pendonor. Tapi cara ini membutuhkan biaya sangat mahal dan tak menjamin akan berhasil. Masyarakat modern dengan gaya hidup yang tak sehat, berpotensi besar terhadap risiko penyakit ginjal.

Fungsi Ginjal

Ginjal sangat berperan dalam kelancaran peredaran darah. Fungsi utama ginjal adalah menyaring darah dari kotoran dan membuangnya menjadi urin melalui saluran kencing.  Setelah darah bersih kembali disalurkan lagi ke jantung. Demikian seterusnya siklus penyaringan darah manusia.  Setiap manusia terdapat dua ginjal yang berada di kanan dan kiri pinggang.

Bahaya Penyakit Ginjal

Fungsi ginjal akan terganggu jika kita kurang banyak minum air dan bekerja sambil duduk terlalu lama.  Sehingga ginjal menjadi aus, jika sudah demikian maka banyak racun yang tak bisa dibuang oleh tubuh sehingga menumpuk di perut. Sehingga tubuh jadi keracunan. Sebenarnya ada sejumlah pencetus gangguan ginjal  lain, yang tak disadari oleh kita.

Penyebab Gangguan Ginjal

Penyebab gangguan ginjal merupakan penyakit yang timbul dari efek yang ditimbulkan dari gangguan kesehatan lainnya seperti diabetes dan darah tinggi. Untuk lebih jelasnya berikut ini sejumlah penyebab gangguan ginjal.

•  Diabetes

Diabetes militius kronis bisa memenjalar pada fungsi ginjal bahkan sampai gagal ginjal.

•  Kurang air minum

Kurang air minum juga dalam jangka panjang bisa merusakan kinerja ginjal.  Air minum itu ibarat pelumas pada mesin mobil. Jika kurang pelumas komponen mesin akan cepat panas. Demikian juga dengan ginjal, jika tak mendapatkan pelumas berupa air putih, ginjal akan terganggu.

Sedangkan penyebab lain yang mengganggu kesehatan ginjal antara lain pengaruh dari obat-obatan dosis tinggi. Kemudian kebiasaan meminum-minuman keras jug bisa merusak ginjal.

Terapi Ringan

Menjaga fungsi ginjal agar tetap sehat sampai tua, caranya sangat sederhana. Yakni rutin minum air putih sehari minimal dua liter. Langkah selanjutnya adalah perbanyak konsumsi sayuran dan makanan sehat. Hindari kebiasaan minum kopi, teh kental, dan minuman keras. Selain itu rajin berolahraga. Demikianlah sedikit artikel tentang bahaya penyakit ginjal.

Selanjutnya : Baju Tidur Pria Model Kimono
Sebelumnya: Memanfaatkan Peluang Usaha Jahit
 

Artikel Menarik Lainnya

Komentar