Baju Bodo, Baju Pengantin Adat Bugis


Baju pengantin adat Bugis memiliki tanda usia dan status sosial. Dalam artikel ini akan dibahas mengenai baju tradisional perempuan Bugis yang selain digunakan untuk upacara adat pernikahan, digunakan pula pada acara-acara lainnya.

Baju Bodo atau lebih dikenal dengan sebutan baju Bugis (waju’ugi), sedangkan di suku Makassar dinamakan baju labbu, yaitu adalah pakaian tradisional suku Bugis, dengan bentuk segi empat dengan lengan pendek, terbuat dari bahan tipis dan tembus pandang.

Cara menggunakan baju Bodo

Cara menggunakan baju Bodo tidak sembarangan pakai, karena pada setiap warna dan lapisannya memiliki aturan siapa yang harus menggunakannya. Menurut adat istiadat Bugis, baju Bodo melambangkan usia atau status sosial yang menggunakannya. Adapun makna dan tanda dari warna pakaiannya adalah sebagai berikut:

  • Warna jingga digunakan oleh perempuan yang berumur sepuluh tahun.
  • Warna jingga dan merah digunakan oleh perempuan yang masih gadis atau yang berumur 10-14 tahun.
  • Warna merah dgunakan oleh perempuan yang berumur 17-25 tahun.
  • Warna putih digunakan oleh perempuan yang bekerja sebagai pembantu atau dukun.
  • Warna hijau, digunakan oleh perempuan yang memiliki status sebagai bangsawan.
  • Warna ungu, digunakan oleh perempuan yang memiliki status janda.
  • Warna hitam umumnya digunakan oleh perempuan berumur diatas 50 tahun, namun ada juga yang menggunakan baju Bodo berwarna putih.

Cara menggunakan baju Bodo, bukan hanya warna yang harus diperhatikan tapi juga tebal tidaknya baju itu harus disesuaikan dengan besar atau kecilnya si pemakainya. Semakin besar, dalam arti semakin dewasa perempuan yang menggunakannya maka kain/baju yang digunakannya semakin tebal, dua sampai tiga lapis sedangkan untuk anak-anak atau gadis dari umur 8-12 tahun hanya menggunakan satu lapis saja.

Baju Bodo merupakan pakaian tertua di dunia, awalnya digunakan untuk upacara pernikahan, namun sekarang baju Bodo direvitalisasi dengan acara-acara lainnya. Seperti upacara untuk menyambut tamu, sebagai pakaian menari, dsb. Demikian informasi singkat mengenai baju Bodo sebagai baju pengantin adat Bugis, semoga menambah khazanah mengenai salah satu keragaman dan kekayaan bangsa Indonesia.

Selanjutnya : Cerita Mitos Bintaro
Sebelumnya: Tugas Personel Administrasi Proyek Secara Garis Besar
 

Artikel Menarik Lainnya

Komentar