Bakteri-Bakteri yang Dapat Menghasilkan Antibiotik


Secara umum, bakteri sudah dianggap oleh manusia sebagai organisme yang merugikan kehidupan umat manusia. Bahkan sebagian menganggap organisme ini mesti dilenyapkan. Namun, pemikiran seperti demikian ternyata sebagiannya keliru.

Penelitian lebih lanjut terhadap organisme yang diketahui tidak memiliki membran inti sel ini, ternyata juga dapat berguna bagi kehidupan manusia. Salah satu manfaat yang bisa dihasilkan dari bakteri adalah kemampuan beberapa jenis bakteri yang dapat menghasilkan antibiotik.

Bakteri selain merupakan organisme yang sama sekali tidak memiliki membran inti sel, juga memiliki bentuk tubuh dengan ukuran kecil yang dapat dilihat dengan jelas hanya dengan menggunakan mikroskop.

Memang beberapa jenis bakteri diketahui merupakan pembawa penyakit, dari penyakit golongan ringan hingga penyakit yang termasuk dalam kategori berat yang dapat berujung kematian.

Akan tetapi, seiring dengan ilmu pengetahuan yang semakin berkembang, ditunjang dengan teknolgi yang semakin maju, ternyata bakteri juga mampu menghasilkan manfaat dalam banyak bidang kehidupan manusia, seperti di bidang lingkungan, bidang pangan, industry, hingga bidang kesehatan.

Di bidang kesehatan, bakteri-baketri jenis tertentu mempunyai kemampuan menghasilkan antibiotik. Antibiotik adalah metabolit sekunder atau senyawa yang dihasilkan oleh mikroorganisme tertentu yang bermanfaat untuk membunuh mikroorganisme pengganggu lainnya yang tidak berguna serta yang dapat menyebakan kerusakan pada tubuh makhluk hidup. Berikut jenis-jenis bakteri penghasil antibiotic.

•    Streptomyces griseus, bakteri jenis ini menghasilkan antibiotik yang diberi nama streptomycin. Antibiotik ini sangat berguna terutama sebagai obat kanker.

•    Streptomyces aureofaciens, bakteri jenis ini menghasilkan antibiotik yang diberi nama tetracycline. Antibiotik ini digunakan sebagai anti bakteri yang mengganggu dalam tubuh manusia.

Penggunaan antibiotik jenis ini harus melalui rekomendasi para dokter karena efek penggunaan jangka panjangnya yang berbahaya. Selain menghasilkan antibiotik tetracycline, Streptomyces aureofaciens juga menghasilkan antibiotik jenis lainnya, yaitu neomisin dan kloramfenikol.

•    Streptomyces venezuelae, bakteri jenis ini menghasilkan antibiotik yang diberi nama chloramphenico. Antibiotik ini banyak digunakan untuk obat tifus serta infeksi berat lainnya.

•    Penicillium, baketri jenis ini menghasilkan antibiotik yang diberi nama penisilin. Jenis antibiotik ini merupakan salah satu antibiotik yang sangat kita kenal karena banyak sekali jenis infeksi pada tubuh manusia yang bisa disembuhkan dengan antibiotik ini.

•    Bacillus polymyxa, bakteri jenis ini menghasilkan antibiotik yang diberi nama antibiotik polymixin.

Demikian beberapa bakteri yang dapat menghasilkan antibiotik bagi tubuh manusia. Semoga uraian tersebut bermanfaat.

Selanjutnya : Kegiatan Simpan Pinjam di Perbankan
Sebelumnya: Tiga Profil Tokoh Filsafat Dunia dari Yunani
 

Artikel Menarik Lainnya

Komentar