E Coli, Bakteri di Usus Besar yang Berperan untuk Membantu Pembusukan Makanan

Jenis bakteri di usus besar yang berperan untuk membantu pembusukan makanan adalah E Coli yang nama lengkapnya Escherichia Coli. Bakteri ini adalah salah satu spesies pokok dari bakteri gram negatif.
Yang dimaksud dengan bakteri gram negatif yaitu bakteri yang tidak menahan zat warna kristal saat terjadi proses pewarnaan pada gram. Jadi jika diamati menggunakan mikroskop, bakteri itu hanya memunculkan warna merah saja.

Escherichia Coli Sahabat Manusia dan Hewan

Loading...

Selain terdapat dalam usus manusia, bakteri Escherichia Coli juga ada dalam usus binatang dan merupakan anggota dari Enterobacteriaceae. Di dunia kedokteran, bakteri E Coli ini dipandang sebagai sahabat manusia.

Sebagaimana diketahui, dalam usus manusia selalu memiliki sistem pertahanan bagi tubuh agar dapat menanggulangi berbagai serangan bakteri merugikan pada saluran di pencernaan. Misalnya dalam usus besar terdapat bakteri E Coli yang menutup bagian permukaan dinding usus besar.

Tujuannya yaitu agar tidak ada bakteri lain khususnya patogen bisa berdiam di tempat tersebut. Patogen merupakan salah satu jenis bakteri merugikan karena dapat menimbulkan berbagai jenis serangan penyakit pada manusia dan binatang.

Selain memberi perlindungan, Escherichia Coli selalu menghasilkan antibiotik misalnya Kolisin. Fungsi dari Kolisin adalah membunuh patogen dan beberapa jenis bakteri merugikan yang lain.

Peran Escherichia Coli Dalam Proses Pembusukan Makanan

Selain mempunyai peran yang begitu signifikan, bersama dengan beberapa jenis bakteri lainnya Escherichia Coli akan mencerna sisa makanan yang masih berada dalam usus besar. Dari proses ini E Coli akan mengeluarkan produksi asam animo yang juga menjadi salah satu kebutuhan dari tubuh manusia.

Dalam tubuh manusia, sebenarnya proses pencernaan menjadi tugas dari usus halus. Tapi masih ada beberapa sisa makanan yang selanjutnya masuk ke dalam usus besar serta berubah jadi feses atau kotoran.

Disinilah kemudian Escherichia Coli akan menunjukan perannya. Karena melalui kerja dari E Coli tersebut makanan sisa ini menjadi busuk namun sekaligus menghasilkan salah satu vitamin yaitu vitamin K. Sebagaimana diketahui, vitamin K punya fungsi untuk membantu pembekuan darah yang suatu saat bisa keluar dari tubuh dan menimbulkan luka.

Setelah diproses oleh Escherichia Coli, sisa makanan yang telah berubah wujud menjadi kotoran atau feses ini membutuhkan air dalam jumlah yang besar. Tugas ini dilaksanakan oleh usus besar yang akan menyerap kembali air-air yang sebelumnya sudah menyebar di bagian tubuh lainnya.

Apabila proses pembusukan yang dilakukan oleh Escherichia Coli tersebut telah berjalan dengan baik dan sempurna, selanjutnya hasil pembusukan berupa feses atau kotoran ini dikeluarkan dari tubuh melalui saluran pembuatan yaitu anus.

Demikian sekilas penjelasan singkat tentang E Coli atau Escherichia Coli, bakteri di usus besar yang berperan untuk membantu pembusukan makanan dalam tubuh manusia maupun binatang.

Semoga dapat menambah pengetahuan kita semua.

Loading...
Selanjutnya : Apa Saja Persiapan Mendirikan Wedding Organizer (WO)?
Sebelumnya: Mengenal Ip Address dan Fungsinya
 

Artikel Menarik Lainnya

Komentar