Manfaat dan Bahaya Bakteri Escherichia Coli

Bakteri Escherichia Coli atau sering disingkat dengan E. Coli adalah bakteri yang biasa hidup dalam pencernaan hewan maupun manusia. Bakteri ini terkenal berbahaya karena bisa menyebabkan kasus gagal ginjal bila tidak segera tertangani. Setahun yang lalu, terjadi wabah E. Coli di Eropa yang sempat menyebabkan kekhawatiran.

Akan lebih baik bila kita mengetahui lebih dalam manfaat dan bahaya bakteri Escherichia Coli supaya bisa berlaku bijak. Mengetahui bahayanya akan membuat kita wasapda dan mengenal manfaatnya akan membuat kita bersikap lebih arif.

Loading...

Manfaat Escherichia Coli

Bakteri Escherichia Coli yang terdapat dalam usus besar manusia bermanfaat untuk membantu pencernaan. Bakteri E. Coli dalam jumlah yang tidak berlebihan dapat membantu pembusukan sisa-sisa makanan. Selain itu, E. Coli juga membantu dalam mengurangi pembentukan bakteri jahat dalam usus besar yang bisa menyebabkan diare.

Manfaat utama lain dari kehadiran bakteri Escherichia Coli dalam usus besar adalah membantu pembentukan vitamin K. Vitamin K digunakan untuk proses pembekuan darah. Jadi ketika kita terluka, vitamin K inilah yang akan membantu darah agar cepat membeku.

Bahaya Escherichia Coli

E. Coli dalam jumlah besar bisa mengakibatkan diare, kram perut yang parah dan demam. Namun demikian, penyakit penyakit di atas bisa sembuh dalam beberapa hari sampai jumlah bakteri E. Coli dalam perut kembali normal.

Bakteri Escherichia Coli: H7 dipastikan berbahaya karena bisa menular ke ginjal dan organ tubuh lainnya menyebabkan fungsi organ terganggu. Biasanya E. Coli: H7 menyerang organ yang berfungsi mengeluarkan racun dari dalam tubuh.

Pada anak anak, E. Coli:H7 menghasilkan racun yang dapat melemahkan dinding usus kecil. Racun ini juga bisa membuat pembuluh darah kecil pada ginjal melemah. Inilah yang disebut dengan komplikasi sindrom uremik hemolitik (HUS). Bila, anak sudah sampai pada tahap ini, maka akan terjadi komplikasi seperti kejang, kebutaan, kelumpuhan dan yang paling membahayakan adalah kegagalan fungsi ginjal.

Bakteri Escherichia Coli akan berbahaya bila menyerang pada anak anak atau pada orang tua yang mempunyai kekebalan tunuh yang lemah. Hal ini mengkin disebabkan karena kekebalan tubuh pada anak anak masih berkembang. Sedangkan untuk orang tua, dampak negatif E. Coli karena kekebalan mereka mulai menurun dan sudah lemah sebelumnya.

Meski demikian, banyak orang dewasa mampu bertahan dari infeksi bakteri Escherichia Coli ini. Hal ini karena pencernaan mereka masih normal dan pertahanan alami mereka juga kuat, sehingga bisa bertahan dari infeksi E. Coli.

Loading...
Selanjutnya : Bentuk Kerjasama Budaya Indonesia dengan Negara Lain Adalah Aset Bersama
Sebelumnya: Lirik Puisi Alam yang Sarat Makna
 

Artikel Menarik Lainnya

Komentar