Bakteri Menguntungkan dan Bakteri Merugikan pada Manusia

Tahukah Anda bahwa ada jenis bakteri merugikan pada manusia? Dan tahukah Anda selain itu ada pula jenis bakteri yang menguntungkan manusia? Manusia memiliki berbagai makhluk lain yang hidup di dalam tubuhnya baik yang bersifat simbiosis mutualisme maupun yang merugikan seperti parasit.

Bakteri merupakan mikroorganisme yang melimpah dan banyak ditemukan nyaris di semua tempat. Hal ini disebabkan bakteri mampu hidup dalam kondisi atau habitat yang beragam, mulai dari tanah, udara, air, hingga di tubuh organisme hidup lainnya termasuk pula manusia. Khusus untuk bakteri dan pengaruhnya bagai manusia dapat disimak di bawah ini.

Bakteri yang Merugikan

Percayakah jika kolonisasi bakteri di dalam tubuh manusia itu akan memengaruhi kondisi tubuh manusia tersebut? Bakteri mendiami tubuh manusia dalam jumlah yang sangat besar, bahkan menurut penelitian jumlah bakteri di dalam tubuh seseorang sepuluh kali lipat dari jumlah sel tubuh orang tersebut.

Bakteri utamanya mendiami saluran pencernaan manusia, khususnya usus besar. Bakteri yang umumnya mendiami usus besar adalah bakteri asam laktat dan enterobacter. Pada kondisi tertentu bakteri ini menyerap nutrisi yang masuk ke dalam tubuh manusia melalui pencernaan.

Selain itu bakteri juga dapat ditemukan di permukaan mata, kulit, kaki, dan mulut. Bagian- bagian ini sangat rentan dimasuki bakteri-bakteri penyebab penyakit seperti:

  • Salmonella typhi, bakteri penyebab thypus.
  • Shigella dysentriae, bakteri penyebab disentri.
  • Vibro cholera, bakteri penyebab kolera.
  • Bordetella pertusis, bakteri yang dapat menyebabkan batuk rejan.
  • Clostridium tetani, sebagai penyebab penyakit tetanus.

Dan masih banyak jenis bakteri lainnya yang menjadi penyebab penyakit di tubuh manusia.

Bakteri yang Menguntungkan

Selain menyebarkan berbagai macam penyakit berbahaya, ternyata bakteri juga banyak membantu manusia dalam kehidupannya. Beberapa bakteri baik bagi manusia antara lain:

  • Lactobacillus Acidophilus, merupakan bakteri yang menjaga kesehatan saluran cerna manusia dan membantu imunitas tubuh.
  • Cyanocobalamin, bakteri yang membantu produksi vitamin B12 di dalam tubuh manusia.
  • Probiotik, bakteri yang membantu pembentukan vitamin K, penyerapan magnesium dan lain-lain.

Demikianlah beberapa penjelasan singkat mengenai beberapa jenis bakteri, baik bakteri merugikan pada manusia maupun bakteri yang menguntungkan pada manusia. Bakteri yang jahat dapat menjadi ancaman bagi kesehatan dengan menimbulkan berbagai penyakit. Untuk itu senantiasa menjaga kebersihan dan memakan makanan serta minuman bergizi akan mampu melindungi tubuh dari bahaya bakteri jahat bagi kesehatan.

Selanjutnya : Definisi Koperasi dan Sistem Kerja
Sebelumnya: Analisis Prestasi Belajar Matematika Terhadap Kemampuan Kognitif Siswa
 

Artikel Menarik Lainnya

Komentar

//adsnya disini