Antisipasi Terhindar dari Bakteri pada Tempat Sampah

Bakteri adalah makhluk hidup yang hidup tersebar di hampir seluruh tempat di dunia, baik di dalam air, tanah, udara, atau bahkan di dalam tubuh manusia. Kita semua tentu tahu, terdapat jenis bakteri yang merugikan yang bisa menyebabkan penyakit salah satunya adalah bakteri pada tempat sampah.

Bakteri di Tempat Sampah

Loading...

Agar terhindar dari penyakit yang muncul akibat bakteri yang terdapat di tempat sampah adalah dengan memperhatikan kebersihan di lingkungan kita tinggal, salah satu contoh sederhana adalah di rumah yang harus disediakan tempat sampah di beberapa sudut ruangan. Selain itu, sikap disiplin membuang sampah pada tempatnya harus ditanamkan sejak dini.

Walaupun sudah tersedia tempat sampah dengan kondisi bersih dan tertutup rapat, tempat sampah tetap menjadi sarang penyakit dan tidak cukup hanya menyediakannya saja, pemilik rumah harus disiplin membuang sampah yang sudah menumpuk dan membersihkan tempat sampah. Agar lebih jelasnya , berikut ini ada beberapa tips agar terhindar dari bakteri yang terdapat pada tempat sampah.

1. Simpan tempat sampah di beberapa sudut rumah, terutama di bagian dapur. Dapur adalah ruangan yang sering menghasilkan sampah basah, sebaiknya pisahkan sampah organik dan non-organik.

Sediakan dua tempat sampah yang berbeda. Untuk tempat sampah basah, jangan sampai sampah-sampah menumpuk sampai berbau. Sebaiknya cepat buang dari dalam ruangan.

2. Agar pertumbuhan bakteri dan jamur tidak semakin meningkat, simpan tempat sampah di tempat yang kering dan cukup sinar. Jangan simpan di tempat yang basah dan lembab.

3. Beri alas dengan kantong plastik. Hal ini mempermudah pada waktu akan membuang atau mengangkat sampah ke tempat sampah di luar rumah.

4. Cuci tempat sampah per satu minggu atau disesuaikan dengan kondisi sampah.

Dari paparan tersebut dapatlah kita simpulkan untuk menghindari penyakit akibat bakteri pada tempat sampah adalah dengan membuang sampah pada tempatnya dan menjaga kebersihan sampah setiap hari. Hal ini adalah cara yang paling sederhana agar terhindar dari bakteri penyebab penyakit dan rumah tetap terjaga kebersihan dan kesehatannya.

Loading...
Selanjutnya : Ini Dia Pola Makan Penyebab Diabetes Melitus!
Sebelumnya: Posisi Pemain Bass dalam Grup Band
 

Artikel Menarik Lainnya

Komentar