Bakteri yang Ada di Produk Makanan


Bakteri merupakan kelompok organisme yang tidak mempunyai membran inti serta berukuran sangat kecil, namun mempunyai peran yang begitu besar dalam kehidupan di bumi ini.  Bakteri dibagi menjadi dua jenis, yaitu bakteri yang merugikan dan bakteri yang memberikan manfaat. Begitu juga bakteri yang ada di produk makanan. Bakteri yang terkandung dalam produk makanan ada yang memberikan manfaat ada pula yang merugikan makanan tersebut. Misalnya saja bakteri yang terkandung dalam makanan atau minuman seperti yoghurt, keju, nata de coco, dan lain sebagainya.

Kali ini kami akan memberi contoh bakteri yang ada dalam produk makanan keju. Dalam pembuatan keju membutuhkan proses fermentasi. Pada saat proses fermentasi inilah peran bakteri sangat dibutuhkan. Bakteri yang berperan dalam proses fermentasi keju adalah bakteri lactobacillus casei dan bakteri streptococcus lactis. Proses fermentasi yang dilakukan oleh bakteri tersebut dapat menghasilkan laktat.

Laktat ini dapat menghambat pertumbuhan organisme lain yang terkandung dalam keju tersebut agar tidak merusak makanan serta menyebabkan penyakit bagi yang mengonsumsi keju tersebut. Selain itu bakteri yang ada harus mampu mengekskresikan asam laktat yang terkandung dalam keju agar terjadi proses pengentalan pada keju tersebut. Bakteri tersebut juga dapat menghasilkan rasa keju yang khas pada produk makanan keju ini. Sehingga membuat lidah kita termanjakan oleh rasa khas yang dihasilkan oleh kedua bakteri tersebut.

Selain itu nata de coco juga mengandung bakteri yang bermanfaat, yaitu bakteri acetobacter xylinum. Sedangkan pada yoghurt, bakteri yang terkandung serta dapat membantu proses fermentasi yoghurt adalah lactobacillus bulgaricus dan lactobacillus subtilis. Kedua bakteri ini mampu mengubah susu menjadi produk yoghurt melalui proses fermentasi. Sehingga produk yoghurt dapat kita nikmati kelezatannya serta berguna atau bermanfaat bagi tubuh kita.

Untuk itu dapat kami simpulkan bahwa tidak semua bakteri yang ada di produk makanan dapat merugikan bagi kita. Namun pada kenyataannya bakteri tersebut mampu membentuk produk atau bahan makanan menjadi olahan makanan yang bermanfaat bagi tubuh kita.

Selanjutnya : Membuat Puisi Bahasa Inggris tentang Guru
Sebelumnya: Menilik Prospek Sawit Indonesia
 

Artikel Menarik Lainnya

Komentar